Brilio.net - Ilmuwan dari Ukraina, Vladislav Kiselev telah mengembangkan jenis baterai yang sangat canggih. Baterai ini diklaimnya dapat menyalakan gadget seperti smartphone dan bahkan mobil sampai 12 tahun, tanpa harus diisi ulang. Wow!

Kiselev, seorang peneliti senior di Institute of Bioorganic Chemistry and Petrochemistry di Kiev, dan profesor di National Academy of Sciences Ukraina, meluncurkan prototipe baterai menarik di ajang Sikorsky Challenge 2016, sebuah kompetisi bergengsi tingkat internasional untuk proyek-proyek penelitian.

Perangkat yang berbentuk seperti kotak korek api itu tampak tidak mengesankan, namun ilmuwan Ukraina tersebut mengklaim bahwa perangkat tersebut telah menyalakan perangkat listrik selama satu tahun empat bulan tanpa mengisi ulang sekali pun, dan akan terus melakukannya selama 11 tahun ke depan. Itu karena baterainya mampu menghasilkan energi bukan hanya menyimpannya.

baterai awet 12tahun © 2016 brilio.net

Material aktif dari baterai ini adalah tritium yang merupakan isotope dari hydrogen (3H). Dalam proses kerjanya baterai tritium ini menimbulkan radiasi yang berasal dari peluruhan tritium.

Loading...

Dia menambahkan bahwa ada juga perusahaan yang menggunakan isotop radioaktif dari hidrogen tersebut. Ia juga menjelaskan bahwa sel elektrokimia yang mirip dengan yang ia gunakan dalam baterainya telah digunakan di Ukraina sejak 1930-an, tapi tidak ada yang pernah menggunakannya untuk pembangkit energi.

baterai awet 12tahun © 2016 brilio.net

Dilansir brilio.net dari odditycentral, Selasa (13/12), Kiselev percaya bahwa tritium adalah masa depan energi. Mengenai sifat radioaktif tritium, pria ini menekankan fakta bahwa ada beberapa zat radioaktif yang tidak berbahaya bagi manusia, dan tritium adalah salah satunya. Bahan ini pun biasanya digunakan pada gelang atau jam tangan yang bisa menyala dalam gelap.

Saat ini dirinya sedang membicarakan penemuannya dengan pengusaha China dan Turki untuk memproduksi baterai tritium yang bisa digunakan di ponsel. Wuih, masuk ke Indonesia kapan ya? Kalau baterai ini bisa dipakai di smartphone, pasti keren abis nih!