Brilio.net - Wajah kamu berjerawat? Jangan khawatir, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto yang tergabung dalam Tim Program Kreativitas Mahasiswa Penelitian Eksakta (PKM-PE) Fakultas Farmasi menciptakan gel antijerawat yang terbuat dari limbah kulit semangka.

"Semangka merupakan salah satu tanaman yang dapat mengatasi jerawat. Buah ini dapat tumbuh dalam segala musim sehingga mudah diperoleh dan harganya murah," kata Ketua Kelompok Mahasiswa PKM-PE, Yola Anggraeni, di Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah, Kamis (19/7).

Ini manfaat semangka untuk kesehatan yang nggak kamu sangka-sangka © 2018 brilio.net

"Banyak masyarakat yang beranggapan kulit semangka bagian dalam yang berwarna putih itu sebagai limbah. Namun ternyata, kulit bagian dalam buah semangka ini memiliki banyak kandungan gizi," tambahnya dikutip Antara.

Terkait dengan hal itu, dia bersama dua rekannya, Tika Ambarwati dan Irmas Miranti melakukan penelitian guna membuat gel antijerawat dengan memanfaatkan limbah kulit semangka dengan bimbingan dosen Fakultas Farmasi UMP, Erza Genatrika.

Loading...

Lanjut dia, penelitian tersebut dilakukan karena kulit buah semangka (Citrullus lanatus) memiliki senyawa aktif yang dapat berfungsi sebagai antibakteri, terpenoid.

"Terpenoid ini mengandung senyawa likopen dari golongan karotenoid. Nah, likopen ini diklaim memiliki kerja lebih baik dibanding antioksidan," pungkasnya.