Brilio.net - Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), informasi mengandung pengertian sebagai penerangan atau pemberitahuan mengenai sesuatu istilah. Informasi juga dapat dipahami sebagai suatu rekaman fenomena yang diamati atau dapat berupa keputusan yang dibuat oleh seseorang. Informasi memiliki peranan penting dalam pengembangan kebudayaan dan ilmu pengetahuan.

Apapun yang dilakukan oleh masyarakat saat ini sebaiknya dilakukan dan dilandasi dengan data dan fakta agar dapat berhasil guna dan berdaya guna sehingga ilmu pengetahuan dapat bermanfaat dan dapat dibuktikan kebenarannya. Informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penggunanya. Lebih lanjut, informasi juga dapat berperan sebagai sumber kekuatan bagi suatu organisasi. Nah untuk memahami lebih rinci mengenai informasi, berikut brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Selasa (13/9).

Pengertian informasi

fungsi dan nilai informasi © berbagai sumber

foto: Unsplash/Giulia May

Informasi adalah data yang telah diproses sedemikian rupa sehingga dapat meningkatkan pengetahuan seseorang yang menggunakan data tersebut. Pendapat lain menyebutkan bahwa informasi adalah sesuatu yang sebaiknya dimiliki oleh seseorang dalam melakukan pekerjaan, penelitian, pendidikan, dan juga sebagai hiburan. Informasi juga dapat dikatakan sebagai data yang diproses atau data yang memiliki arti. Terdapat beberapa pengertian mengenai informasi menurut para ahli di antaranya sebagai berikut:

1. Menurut Deni Darmawan, informasi merupakan hasil dari pengolahan data yang dapat memberikan makna atau arti serta bermanfaat bagi seseorang.
2. Hiro Tugiman menyatakan bahwa informasi adalah hasil dari pengolahan data dalam sebuah bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya. Informasi ini menggambarkan suatu kejadian nyata yang digunakan untuk pengambilan keputusan.
3. E. Koswara mengatakan bahwa informasi merupakan sumber daya yang strategis sepanjang hidup. Sebagai negara berkembang, informasi merupakan bagian yang sangat diperlukan dalam pendidikan dan penelitian untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
4. Menurut B. Davis, informasi adalah data yang sudah diproses menjadi bentuk yang berguna bagi pemakai dan mempunyai nilai pikir yang nyata bagi pembuatan keputusan pada saat sedang berjalan atau untuk prospek masa depan.
5. Buckland mendefinisikan bahwa informasi merupakan segala bentuk pengetahuan yang terekam. Informasi dapat ditemukan dalam berbagai bentuk media baik cetak maupun non cetak.