Brilio.net - Bulu tangkis adalah olahraga dengan menggunakan raket yang dimainkan oleh dua orang untuk tunggal dan empat orang untuk partai ganda. Bulu tangkis merupakan salah satu cabang olahraga di Indonesia yang mengalami perkembangan cukup pesat.

Olahraga bulu tangkis memiliki karakter olahraga cepat sehingga pemain harus memiliki kualitas fisik, teknik, taktis, dan mental yang baik untuk menenangkan permainan. Bulu tangkis adalah salah satu permainan olahraga paling populer di Indonesia bahkan di seluruh dunia.

Permainan ini banyak menggunakan kemampuan fisik dengan gerakan cepat sehingga diperlukan keterampilan dalam memegang raket, sikap berdiri, gerakan kaki, dan memukul. Penjelasan yang lebih rinci mengenai olahraga bulu tangkis telah dirangkum oleh brilio.net dari berbagai sumber pada Sabtu (10/9).

Pengertian bulu tangkis

tujuan dan teknik dasar bulu tangkis © berbagai sumber

foto: Unsplash/Muktasim Azlan

Bulu tangkis atau badminton adalah suatu olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang atau dua pasangan yang saling berlawanan. Bulu tangkis menjadi salah satu cabang olahraga yang sangat populer di antara cabang olahraga lainnya.

Bulu tangkis merupakan salah satu cabang olahraga masyarakat yang memiliki banyak penggemar karena cabang olahraga ini tidak terlalu sulit dipelajari dan dimainkan. Terdapat lima partai yang dimainkan dalam olahraga bulu tangkis, yaitu partai tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran.

Terdapat beberapa pengertian mengenai permainan bulu tangkis yang dikemukakan oleh para ahli yaitu sebagai berikut:

1. Menurut Aksan Herman, bulu tangkis merupakan olahraga yang dimainkan dengan menggunakan net, raket, dan shuttlecock dengan teknik pukulan yang bervariasi mulai dari yang relatif lambat hingga yang sangat cepat disertai dengan gerakan tipuan.
2. Menurut Jhonson, permainan bulu tangkis adalah salah satu jenis olahraga yang dapat dimainkan oleh regu-regu campuran pria dan wanita dalam pertandingan daerah dan nasional.
3. Tony Grice mengungkapkan bahwa bulu tangkis merupakan salah satu olahraga yang terkenal di dunia. Olahraga ini menarik minat berbagai kelompok umur, berbagai tingkat keterampilan, pria dan wanita memainkan olahraga ini di dalam maupun luar ruangan.
4. Subardjah mengatakan bahwa permainan bulu tangkis merupakan permainan yang bersifat individual yang dapat dilakukan dengan cara satu orang melawan satu orang atau dua orang melawan dua orang.

Berdasarkan beberapa pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa bulu tangkis merupakan permainan yang sangat digemari oleh masyarakat di seluruh dunia tanpa memandang umur, jenis kelamin maupun status sosial.