Brilio.net - Novel menjadi karya sastra yang diminati banyak orang. Sekarang ini, banyak judul novel dan penulis novel bermunculan. Tak mengherankan, sebab banyak platform yang memfasilitasi seseorang yang hobi menulis untuk menelurkan karya novel.

Sebelum menjadi seorang penulis novel, ada baiknya mengenal lebih dalam tentang novel, jenis, dan ciri-cirinya. Seperti diketahui, novel merupakan karya sastra yang usianya sudah puluhan tahun bahkan ratusan tahun. Tak heran jika ada novel yang penulisnya sendiri termasyhur sejak puluhan tahun lalu, lantas karya-karyanya diterbitkan ulang dengan sampul yang lebih modern. Beragam genre novel juga sudah dilahirkan dari dulu hingga sekarang. Ada beberapa jenis novel seperti fiksi, non fiksi, ilmiah, sains dan juga novel romance. Setiap jenisnya memiliki penggemar tersendiri.

Novel diramu oleh penulis yang menuangkan ide dan gagasan mereka menjadi sebuah alur cerita yang menarik pembaca. Bahkan, disebut-sebut, novel yang bagus adalah mampu menyedot pembaca merasakan seakan-akan menjadi tokoh dalam novel tersebut.

Nah, apa bedanya novel dengan karya sastra yang lain? Sedikit bocoran, isi dalam sebuah novel lebih panjang dan kompleks dibandingkan karya sastra lain. Selain itu, novel juga tidak memiliki batasan struktural dan sajak.

Selengkapnya, mari simak ulasan mengenai pengertian novel, jenis, dan ciri-cirinya yang telah brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Senin (16/5).

 

(brl/tin)