Brilio.net - Seperti diketahui bersama, dewasa ini perkembangan globalisasi semakin pesat sehingga memberikan kemudahan bagi setiap sektor dalam kehidupan yang dijalankan. Dalam artian sempit globalisasi adalah suatu kesatuan yang mendunia. Namun, secara etimologis, kata globalisasi diambil dari bahasa Inggris yaitu globalize yang berarti universal atau menyeluruh. Penambahan imbuhan 'ization' pada kata 'globalization' adalah proses mendunia.

Dalam artian yang lebih luas, globalisasi adalah proses integrasi internasional yang terjadi karena adanya pertukaran pandangan dunia, pemikiran, produk, dan berbagai aspek kebudayaan lainnya. Dengan globalisasi, seiring berjalannya waktu tatanan kehidupan menjadi semakin dinamis. Hal ini karena berbagai aspek kehidupan menjadi lebih mudah dan tidak terbatas.

Era globalisasi didukung dengan perkembangan teknologi, alat transportasi, dan ilmu pengetahuan yang semakin canggih. Berbagai perkembangan ini membuat setiap orang dapat mengetahui segala bentuk informasi yang tersebar di seluruh dunia dengan cepat dan mudah. Sehingga hal ini juga yang membuat pola pikir manusia akan semakin berkembang.

Memahami globalisasi sangatlah penting, berikut brilio.net telah rangkum dari berbagai sumber, pengertian, dampak, dan faktor penyebab dari globalisasi yang perlu diketahui, Kamis (12/5).

(brl/jad)