Brilio.net - Kewirausahaan adalah ilmu dasar yang harus diajarkan dan ditanamkan sebagai modal untuk menjadi pengusaha muda. Pentingnya kewirausahaan, bahkan sudah diajarkan pada sekolah dasar, menengah, hingga perguruan tinggi.

Kewirausahaan adalah sebagai peluang untuk para pemuda sebagai awal menjadi pebisnis hebat. Dengan kewirausahaan, seseorang bisa lebih mandiri secara ekonomi.

Dilansir brilio.net dari berbabagai sumber, Senin (9/5) berikut ini penjelasannya.

Pengertian Kewirausahaan Menurut Ahli

arti kewirausahaan © pixabay.com

foto: pixabay.com

Kewirausahaan berasal dari kata wirausaha. Dalam bahasa Indonesia wirausaha merupakan gabungan dari wira yang artinya gagah, berani, perkasa, dan usaha yang berarti bisnis. Pengertian kewirausahaan adalah ilmu atau konsep tentang menjadi seseorang yang berani dalam membangun bisnis.

Kewirausahaan adalah kemampuan dan kesiapan untuk mengembangkan, mengatur dan menjalankan suatu badan usaha beserta segala ketidakpastiannya untuk memperoleh keuntungan. Kewirausahaan adalah tindakan menjadi wirausahawan, atau pemilik perusahaan bisnis yang dengan risiko dan inisiatif berusaha untuk mendapatkan keuntungan.

Menurut Keputusan Menteri Koperasi dan Pembinaan Pengusaha Kecil Nomor 961/KEP/M/XI/1995, kewirausahaan adalah semangat, sikap, perilaku, dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha atau kegiatan yang mengarah pada upaya mencari, menciptakan, serta menerapkan cara kerja, teknologi dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik dan atau memperoleh keuntungan yang lebih besar.

Thomas W Zimmerer dan Norman M Scharborough

Thomas W Zimmerer dan Norman M Scharborough mendefinisikan kewirausahaan sebagai usaha untuk menciptakan nilai lewat pengenalan terhadap peluang bisnis, manajemen mengambil risiko yang cocok dengan peluang yang ada dan lewat kemampuan komunikasi dan manajemen memobilisasi manusia, keuangan, dan berbagai sumber daya yang diperlukan untuk membawa suatu proyek sampai berhasil.

Jong dan Wennekers

Menurut Jong dan Wennekers, kewirausahaan adalah pengambilan risiko untuk menjalankan usaha sendiri dengan memanfaatkan peluang-peluang untuk menciptakan usaha baru atau dengan pendekatan yang inovatif, sehingga usaha yang dikelola berkembang menjadi besar dan mandiri dalam menghadapi tantangan-tantangan persaingan.

Schumpeter

Ekonom Austria terkenal, Joseph Schumpeter, menciptakan istilah 'Unternehmer' yang dia maksud dengan semangat kewirausahaan. Dengan kata lain, wirausaha adalah seseorang yang mengidentifikasi peluang komersial, apakah materi, produk, layanan, atau bisnis dan kemudian mengatur usaha atau sistem untuk menerapkannya sehingga menghasilkan uang.

 

(brl/pep)