Faktor penyebab globalisasi.

Globalisasi adalah sesuatu yang mendunia © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Globalisasi terjadi karena beberapa faktor penyebab, adapun beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya globalisasi, diantaranya sebagai berikut.

1. Kerjasama ekonomi internasional.

Adanya kerjasama ekonomi internasional antar negara-negara di dunia menjadi faktor penyebab globalisasi. Kemudahan dalam membuat kesepakatan perdagangan internasional dapat mengakibatkan proses globalisasi yang terjadi secara terus-menerus.

2. Perkembangan teknologi informasi dan transportasi.

Dalam hal ini teknologi informasi dan transportasi berperan besar pada proses globalisasi di dunia. Berkat teknologi yang semakin maju membuat kegiatan antar negara menjadi lebih mudah. Salah satu contohnya seperti bisnis e-commerce atau jual beli melalui online yang dapat memudahkan seseorang untuk bertransaksi tanpa harus datang ke lokasi.

3. Kemudahan dalam pengiriman barang dan jasa.

Faktor penyebab adanya globalisasi selanjutnya, yaitu masyarakat antar negara dapat saling mengirimkan barang dan jasa satu sama lain. Kemudahan dalam pengiriman barang membuat banyak produksi asing yang masuk ke dalam negeri dan diadaptasi oleh masyarakat. Contohnya, produk fashion dari Korea yang cukup populer pada masyarakat Indonesia. Saat masyarakat Indonesia memakai produk-produk dari negara lain, maka terjadilah proses asimilasi atau penggabungan kebudayaan antarnegara.

4. Sumber daya alam berkurang.

Penyebab adanya globalisasi membuat sumber daya alam semakin berkurang. Pasalnya beberapa negara berinvestasi di negara lain untuk mengambil sumber daya di negara tersebut.

(brl/jad)