Brilio.net - Artikel merupakan sebuah esai yang lengkap dengan panjang dan isi tertentu. Artikel dibuat untuk dipublikasikan melalui media, seperti majalah, buletin, koran, dan lainnya. Artikel bertujuan untuk menyajikan ide-ide dan fakta yang dapat mendidik, menghibur, dan meyakinkan para pembacanya.

Dalam sebuah artikel menyajikan bermacam-macam informasi, seperti halnya sejarah, petualangan, argumentasi, penelitian, hingga mengajarkan sesuatu hal. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), artikel adalah sebuah karya tulis secara lengkap, contohnya esai di majalah atau laporan berita, surat kabar, dan lain sebagainya.

Bagi sebagian orang pasti sudah mengenal artikel di koran. Namun, tak sedikit orang yang belum paham, untuk dapat menulis sebuah karangan tulisan dalam media diperlukan pengetahuan yang dasar mengenai pengertian, tujuan, ciri, dan jenisnya. Berikut brilio.net telah rangkum dari berbagai sumber pada Jumat (13/5).

Pengertian artikel.

Artikel adalah karangan tulisan © 2022 berbagai sumber

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

foto: freepik.com 

Berikut ini pengertian artikel menurut para ahli:

1. Sumandiria, 2004.

Artikel merupakan sebuah tulisan lepas yang berisikan opini atau pendapat seseorang yang mengupas tuntas tentang sebuah masalah yang sifatnya aktual dan biasanya kontroversial dengan tujuan untuk mempengaruhi, memberitahu, meyakinkan, dah menghibur para pembaca.

2. Rillan E Wolseley, 1969.

Artikel adalah karangan tertulis yang panjangnya tak tentu bertujuan menyampaikan gagasan dan fakta dengan maksud meyakinkan, mendidik, atau menghibur.

3. Andi Baso Mappa Toto, 1994.  

Artikel adalah karya tulis lengkap, tulisan nonfiksi, dan karangan tertulis yang panjangnya tak tentu.

4. Al Aqli.

Artikel merupakan sebuah tulisan yang ditulis oleh masing-masing disiplin ilmu dan setiap pembahasan dikaji dan diselesaikan dengan cara tuntas, lugas, dan jelas sehingga para pembaca dapat mengambil inti sari dari sebuah karangan yang ditulis.

5. Longman Pitman Office Dictionary, 1989.

Artikel adalah sebuah prosa nonfiksi, berbentuk biasa, dan bagian bebas dari sebuah majalah, koran, dan lain-lain. 

(brl/pep)