Brilio.net - Dalam suatu penulisan tentu membutuhkan suatu kalimat. Kalimat digunakan sebagai bentuk untuk mengungkapkan pokok pikiran secara utuh lewat lisan maupun tulisan.

Kalimat yang diutarakan melalui lisan dibuktikan dengan keras atau lembutnya suatu suara, disela dengan jeda, dan diakhiri dengan nada selesai. Sementara kalimat tulisan dimulai dengan huruf kapital, terdapat tanda titik, koma, seru, atau tanda tanya.

Pengertian kalimat adalah satuan bahasa berupa kata atau rangkaian kata yang dapat berdiri sendiri dan menyatakan makna yang lengkap. Pada dasarnya, setiap kalimat terdiri dari kata-kata, dan dari kata itu dapat membangun serta membentuk sebuah kalimat yang apik dan bisa dipahami.

Selain itu, kalimat juga bisa diartikan sebagai sekumpulan kata yang ditandai oleh intonasi atau suara. Dengan adanya intonasi, kamu dapat mengenal tentang pengelompokkan kata yang digunakan, hubungan antara kelompok kata, dan sifat kalimat seperti kalimat berita, tanya, atau perintah.

Lebih lanjut, untuk memahami pengertian, jenis, dan unsur dari sebuah kalimat, berikut telah dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (13/5).