Brilio.net - Islam mengajarkan setiap umatnya memiliki rendah hati dan budi yang baik. Dengan memiliki rendah hati maka rasa angkuh dan sombong tidak akan hadir dalam hati.

Di Islam, rendah hati disebut juga dengan tawadhu. Tawadhu berasal dari kata Tawaadha'atil ardhu. Orang yang bersikap tawadhu adalah mereka yang berjalan dengan kerendahan hati.

Dilansir brilio.net dari berbabagi sumber, Rabu (11/5), berikut penjelasannya;

Pengertian rendah hati menurut Islam

Rendah hati dalam bahasa Arab adalah tawadhu'. Rendah hati merupakan sebuah sikap menyadari keterbatasan kemampuan diri, sehingga seseorang tidak merasa angkuh maupun sombong.

Rendah hati adalah salah satu tuntunan ajaran pokok dalam Islam. Rasulullah SAW sebagai suri tauladan dalam kehidupan bermasyarakat pun telah memberikan contoh. Rasulullah SAW saat berinteraksi selalu mengedepankan sikap rendah hati, tanpa memandang status sosial, golongan, dan ras.

Perintah untuk Lemah Lembut pada Orang Lain

Hal ini karena jika berlaku keras dan angkuh, maka mereka (para pengikutnya) akan berpaling.

Artinya: "Maka berkat rahmat Allah, engkau (Muhammad) berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya engkau bersikap keras dan berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekitarmu" (QS Ali Imran: 159).

 

(brl/pep)