Brilio.net - Rendah hati termasuk perbuatan yang terpuji. Karena arti rendah hati sebenarnya adalah untuk menjauhi sifat angkuh serta sombong. Sedangkan rendah hati dalam bahasa Inggris disebut juga dengan humble serta tawadhu dalam bahasa Arab.

Rendah hati hendaknya selalu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Pasalnya dengan bersikap rendah hati dapat memberi banyak manfaat buat diri sendiri bahkan orang lain. Manfaat rendah hati tak sekadar bisa kalian terima di dunia melainkan juga di akhirat.

Sebab, arti rendah hati dan manfaatnya termasuk perbuatan baik. Arti rendah hati pada dasarnya menggambarkan bahwa diri sendiri memiliki kekurangan. Sehingga dengan adanya sifat rendah hati tak membuat diri kalian terlena dengan segala kenikmatan yang ada hingga memicu melebihkan diri sendiri.

Dilansir brilio.net dari berbabgai sumber, Jumat (15/4) berikut ini ulasan lengkapnya.

A. Pengertian rendah hati

rendah hati © pixabay.com

foto : pixabay.com

Rendah hati merupakan salah satu sikap dan sifat yang terpuji. Pasalnya dengan rendah hati, maka dapat menjauhi sifat menyombongkan diri. Tentunya kalian juga cukup akrab mendengar orang dengan sifat dan perilakunya yang rendah hati. Namun apakah sudah tahu arti rendah hati sebenarnya?

Arti rendah hati umumnya dikenal dengan sifat tidak menyombongkan diri. Ya, arti rendah hati memang sangat berlawanan dengan sifat sombong serta angkuh. Karena itulah, di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) arti rendah hati adalah sifat tidak sombong atau tidak angkuh. Sementara arti rendah hati juga disebut dengan dengan sikap seseorang yang menyadari segala keterbatasan dalam dirinya.

Arti rendah hati dalam bahasa Inggris juga dikenal dengan humble. Ya, pada dasarnya arti rendah hati adalah sisi baik yang dimiliki seseorang. Tidak heran kalau banyak manfaat ketika kalian memiliki sifat dan sikap rendah hati. Maka dari itu, jika disimpulkan arti rendah hati berarti menjauhi sifat dan perilaku sombong, angkuh, serta melebihkan diri sendiri.