Brilio.net - Tasamuh merupakan sikap tenggang rasa atau toleransi pada sesama. Toleransi atau sikap menghargai sesama manusia merupakan sikap yang penting untuk dilakukan oleh setiap orang. Agama Islam juga mengedepankannya dengan perilaku yang disebut tasamuh.

Dirangkum brilio.net dari berbabagi sumber, Kamis (14/4), berikut ini penjelasan tasamuh menurut syariat islam.

Baik orang dewasa maupun anak-anak, perlu memiliki sikap tasamuh dalam berhubungan dengan orang lain. Maka, sudah sebaiknya bagi para orang tua untuk mengajarkannya pada si kecil.

Arti tasamuh dalam Islam.

tasamuh © pixabay.com

foto: pixabay.com

Tasamuh adalah bentuk (mubalaghah) dari “samaha” yang dalam bahasa Indonesia biasa diartikan tenggang rasa atau dalam istilah lainnya disebut toleransi.

Istilah ini mulai dipopulerkan oleh para cendekiawan muslim untuk mengungkapkan satu sikap seorang muslim yang merasa terbebani dengan keberagamaan orang lain atau orang lain yang berbeda agama.

Intinya, sikap yang tidak fanatik (berlebihan). Dalam bahasa Arab, arti tasamuh adalah sama-sama berlaku baik, lemah lembut, dan saling pemaaf.

Dalam pengertian istilah umum, tasamuh adalah sikap akhlak terpuji dalam pergaulan, di mana terdapat rasa saling menghargai antara sesama manusia dalam batas-batas yang digariskan oleh ajaran Islam.

Singkatnya, istilah ini berarti sikap tenggang rasa, toleransi dan menghargai sesama.