Brilio.net - Aqidah merupakan salah satu pondasi dalam agama Islam. Istilah aqidah berarti keyakinan atau kepercayaan. Sementara itu, pengertian aqidah menurut terminologi adalah perkara yang wajib dibenarkan oleh hati dan jiwa agar menjadi tenteram karenanya, sehingga menjadi suatu keyakinan yang teguh dan kokoh, dan tidak tercampuri oleh keraguan dan kebimbangan.

Aqidah sendiri memiliki dua macam yaitu aqidah islamiyyah dan aqidah dholalah (sesat). Aqidah islamiyyah adalah keyakinan yang dituntun dalam Alquran dan As-Sunnah serta diyakini oleh Rasulullah yang mengikuti jalan mereka dengan baik. Sedangkan aqidah dholalah adalah keyakinan yang menyimpang dari Alquran dan As-Sunnah serta diyakini oleh para Ahlul bid'ah dan Ahlul Hawa (pengikut hawa nafsu).

Setiap umat Islam perlu memiliki aqidah sebagai landasan awal menuju kebaikan hidup. Karena aqidah berdasarkan kepada ajaran Islam itu sendiri yang bersumber pada Alquran dan hadits. Oleh karena itu, menjadi seorang muslim berarti meyakini dan melaksanakan segala sesuatu yang telah diatur di dalam ajaran Islam.

Pemahaman aqidah yang benar akan memberikan keyakinan bagi seorang muslim lebih kuat. Lebih lanjut berikut dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, ini fungsi dan pentingnya aqidah dalam kehidupan, Selasa (5/4).

1. Fungsi aqidah.

Aqidah adalah keyakinan iman © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Aqidah sebagai dasar agama, sudah pasti keberadaan aqidah sangat menentukan bagi seorang muslim dalam bersikap, perbuatan dan perubahan yang terjadi. Oleh sebab itu, fungsi aqidah sebagai berikut.

a. Aqidah memberikan pedoman dan merupakan landasan seluruh ajaran Islam.

b. Aqidah meningkatkan keimanan dan ketakwaan.

c. Aqidah berfungsi membentuk akhlak yang sholeh dan selalu berserah diri kepada Allah di dunia, sebagai modal mencapai kebahagiaan di akhirat.

d. Aqidah berfungsi sebagai penyelamat seseorang dari keyakinan yang menyimpang, serta menuntun dan mengembangkan dasar ketuhanan yang dimiliki manusia sejak lahir.