Brilio.net - Doa merupakan salah satu bentuk permohonan kepada sang Khalik. Doa dapat dipanjatkan oleh umat muslim kapan saja, ketika mengalami kesulitan, saat diberi kemudahan, atau saat hendak melakukan sesuatu. Seperti halnya doa saat melakukan perjalanan.

Seperti yang kita ketahui bersama, saat ini moda transportasi dan akses menuju suatu lokasi sangatlah mudah. Hal ini membuat setiap orang yang berkepentingan dapat melakukan sebuah perjalanan.

Dalam Islam, berdoa saat sedang dalam perjalan merupakan salah satu amalan yang baik. Pasalnya, memanjatkan doa perjalanan jauh sebagai cara meminta perlindungan kepada Allah dan juga supaya selamat sampai dengan tujuan.

Lebih lanjut, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, berikut doa dalam perjalanan beserta arti dan adabnya lengkap, Sabtu (30/4).

1. Doa perjalanan jauh.

Saat berpergian atau sedang dalam perjalanan, alangkah baiknya membaca doa, berikut ini bacaan doa perjalanan jauh.

"Allahumma hawwin ‘alainaa safaranaa hadzaa waatwi ‘annaa bu’dahu. Allahumma antashookhibu fiissafari walkholiifatu fiil ahli."

Artinya:

"Ya Allah, mudahkanlah kami bepergian ini, dan dekatkanlah kejauhannya. Ya Allah yang menemani dalam bepergian, dan Engkau pula yang melindungi keluarga."

2. Doa keluar rumah.

"Bismillahi, tawakkaltu ’alallah, laa haula wa laa quwwata illaa billaah."

Artinya:

"Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah."

Sebagaimana hadis Nabi SAW menyebutkan betapa pentingnya membaca doa sebelum melakukan perjalanan.

"Barangsiapa yang ketika keluar dari rumahnya membaca doa: 'Bismillahi tawakkaltu ‘alallah laa haula wa laa quwwata illaa billah', maka dikatakan kepadanya: kamu telah tercukup dan terlindungi, dan setan pun akan menjauh darinya." (HR. Tirmidzi; hasan shahih. Hadits senada diriwayatkan juga oleh Abu Daud).