Brilio.net - Menuntut ilmu menjadi sebuah anjuran dalam Islam sejak dulu. Ilmu adalah kunci seseorang mempelajari pengetahuan dan kebaikan. Dalam banyak riwayat dijelaskan, orang yang berilmu derajatnya lebih tinggi dibandingkan dengan aktivitas ibadah biasa.

Ilmu memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Jika tidak ada ilmu, manusia akan tersesat dalam menjalani kehidupan ini. Ilmu menjadi sebuah bekal manusia menuju jalan yang terang, karena seseorang yang berilmu diibaratkan sebagai cahaya yang akan menerangi jalannya.

Mengapa orang dianjurkan untuk menuntut ilmu? Sebab, adanya proses belajar inilah kita menjadi tahu sesuatu yang sebelumnya tidak tahu, paham dari yang sebelumnya tidak paham, dan bisa dari yang semula tidak bisa.

Selain dengan usaha, menuntut ilmu juga perlu diawali dan diakhiri dengan berdoa. Hal ini dilakukan supaya dapat memberikan keberkahan, kemudahan, serta keselamatan dalam menuntut ilmu.

Lebih lanjut, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, doa sebelum dan sesudah belajar beserta artinya sesuai ajaran Islam, Selasa (3/5).