Brilio.net - Menimba ilmu tentunya sudah menjadi anjuran dalam Islam sejak dulu. Bahkan dalam banyak riwayat disebut menimba ilmu menduduki posisi lebih tinggi dibanding aktivitas ritual ibadah biasa.

Varian menimba ilmu sendiri beragam, mulai dari duduk dibangku sekolah, menyimak majelis pengajian, terlibat dalam forum bahtsul masail, hingga membaca buku/kitab secara mandiri.

Mengapa orang dianjurkan untuk menuntut ilmu? Sebab, adanya proses belajar inilah kita menjadi tahu sesuatu yang sebelumnya tidak tahu, paham dari yang sebelumnya tidak paham, dan bisa dari yang semula tidak bisa.

Namun ada beberapa orang sangat sulit untuk mencerna ilmu, hal ini disampaikan dalam berbagai alasan. Ada dari mereka yang mengatakan sangat sulit fokus, hingga mudah lupa.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk bisa fokus dan tidak mudah lupa. Bisa dengan rajin mengulang pelajaran tersebut, melatih fokus, dan yang paling penting adalah memulai sesuatu dengan berdoa.

Loading...

Membiasakan diri untuk berdoa sebelum melakukan sebuah aktivitas, termasuk belajar, merupakan adab yang baik dan harus dipertahankan. Dengan adanya aktivitas berdoa ini diharapkan akan memberikan keberkahan, kemudahan, serta keselamatan dalam menuntut ilmu.

Doa sebelum belajar

Nah ada baiknya kamu untuk selalu membaca doa sebelum belajar, agar semua yang kamu pelajari bisa terserap dengan baik.

"Rodlittu billahiroba, Wabil islaamidiinaa, Wabimuhammadin nabiyyaa warasuula, Robbi zidnii ilmaan warzuqnii fahmaan."

Artinya:

"Kami ridho Allah Swt sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik."

Ada pula doa sebelum belajar sesuai sunah.

"Alloohumma Akhrijnaa Min Dzulumaatilwahmi Wa Akrimnaa binuuril Fahmi Waftah'alainaa Bima'rifatika Wasahhil Lanaa Abwaaba Fadl-lika Ya Arhamar Roohimiin."

Artinya:

"Ya Allah, bebaskanlah kami dari kegelapan prasangka, muliakanlah kami dengan cahaya kepahaman, bukakanlah pengertian ilmu pada kami dan bukakanlah untuk kami pintu-pintu anugerah-Mu, wahai Dzat yang Maha Penyayang."

Jika kamu selalu membiasakan diri untuk selalu membaca doa sebelum belajar, maka kamu akan memperoleh beberapa manfaat. Mulai dari terhindari dari berbagai masalah, kamu akan sangat mudah untuk fokus.

Ketika kamu sedang menghadapi ujian, maka dengan mudah kamu bisa mengerjakannya karena apa yang kamu pelajari terekam jelas. Sehingga bisa menjawa setiap soal dengan tepat. Tidak hanya itu saja, dengan membaca doa sebelum belajar, kamu juga akan menjadi lebih percaya diri.

Doa setelah belajar

Setelah belajar, ada baiknya pula kamu membaca doa setelah belajar.

"Allaahumma innii astaudi'uka maa 'allamtaniihi fardud-hu ilayya 'inda haajatii wa laa tansaniihi yaa robbal 'alamiin."

Artinya:

"Ya Allah, sesungguhnya ku titipkan kepada-Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah dia kepadaku disaat aku membutuhkannya. Janganlah Engkau buat aku lupa kepadanya. Wahai Tuhan pemelihara alam”