Brilio.net - Selamat adalah terbebas dari bahaya, terhindar dari bencana, jauh dari malapetaka, tidak mendapat kesusahan, tidak kurang suatu apapun dan dijauhkan dari perbuatan yang salah.

Dari arti selamat, maka jika setiap umat muslim memanjatkan doa selamat dunia akhirat berarti ia memohon kepada Allah agar mendapatkan keselamatan di dunia dan di akhirat. Selamat di akhirat artinya dijauhkan dari api neraka dan dijaga ketika hisab.

Semua umat muslim pasti menginginkan agar dirinya diberi keselamatan dari kejahatan atau keburukan selama di dunia dan akhirat. Untuk memperoleh keberkahan tersebut, setiap umat Islam harus mengikuti setiap tuntunan dan larangan agama.

Selain itu, mereka juga dapat membaca doa selamat dunia akhirat untuk berupaya menghindarkan kamu dari keburukan.

Doa agar diberi keselamatan dunia akhirat biasanya dikenal oleh masyarakat dengan sebutan doa sapu jagat.

Doa memohon keselamatan dunia dan akhirat © 2020 brilio.net

"Rabbana, atina fid dunya hasanah, wa fil akhirati hasanah, wa qina adzaban naar."

Artinya:
"Ya Allah, berikan kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, lindungilah kami dari siksa neraka"

Doa sapu jagat ini adalah lafal doa yang paling banyak dibaca oleh Nabi Muhammad. Intensitas yang tinggi menunjukkan betapa pentingnya doa ini.

Lafal doa sapu jagat ini bukan berasal dari hadits semata. Lafal doa ini dikutip dari Alquran, Surat Al-Baqarah ayat 201.

Doa memohon keselamatan dunia dan akhirat © 2020 brilio.net

"Wa min-hum may yaqulu rabbana atina fiddunyaa hasanataw wa fil-akhirati hasanataw wa qina azaaban-naar."

Artinya:
"Dan di antara mereka ada orang yang berdoa: "Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka."

Tujuan doa memohon keselamatan

1. Mendapatkan keselamatan dunia dan akhirat
2. Terhindar dari bencana atau malapetaka
3. Terhindar dari tipu daya orang kafir
4. Selamat dari orang zalim
5. Selamat dari penguasa zalim
6. Dijauhkan dari siksa api neraka

Macam-macam doa keselamatan

Ada beberapa doa keselamatan yang dapat kita amalkan setiap hari dari doa selamat yang pendek ataupun doa keselamatan yang panjang. Namun, semua doa selamat ini mengandung makna yang sama yaitu memohon perlindungan dari segala keburukan dunia dan akhirat.

1. Doa selamat dunia dan akhirat

Doa memohon keselamatan dunia dan akhirat © 2020 brilio.net

"Allaahumma innaa nas aluka salaamatan fid diin, wa 'aafiyatan fil jasad, wa ziyadatan fil 'ilmi, wabarokatan dir rizqi, wa taubatan qoblal maut, warohmatan indal maut, wa maghfirotan ba'dal maut. Allaahumma hawwin 'alainaa fii sakarootil maut, wan najaata minan naar, wal 'afwa indal hisaab."

Artinya:
"Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu keselamatan ketika beragama, kesehatan badan, limpahan ilmu, keberkahan rezeki, taubat sebelum datangnya maut, rahmat pada saat datangnya maut, dan ampunan setelah datangnya maut. Ya Allah, mudahkanlah kami dalam menghadapi sakaratul maut, berikanlah kami keselamatan dari api neraka, dan ampunan pada saat hisab."

2. Doa pendek memohon keselamatan

Doa memohon keselamatan dunia dan akhirat © 2020 brilio.net

"Allaahumma antas salaam, wa minkas salaam, tabaarokta dzal jalaali wal ikroom."

Artinya:
"Ya Allah, Engkaulah Tuhan yang memberi keselamatan. Dari keselamatan. Maha Suci Allah, Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan."

3. Doa selamat (Nabi Luth)

Doa memohon keselamatan dunia dan akhirat © 2020 brilio.net

"Robbi najjinii wa ahlii mimmaa ya'maluun."

Artinya:
"Ya Tuhanku selamatkanlah aku beserta keluargaku dari perbuatan yang mereka kerjakan."

4. Doa agar selamat dari tipu daya orang kafir

Doa memohon keselamatan dunia dan akhirat © 2020 brilio.net

"Robbanaa laa taj'alnaa fitnatal lil qoumidh dhoolimiin wa najjinaa birohmatika minal qoumil kaafiriin."

Artinya:
"Ya Tuhan kami, jangan jadikan kami sasaran fitnah dan jauhkanlah kami dari sasaran fitnah bagi kaum yang zalim, dan selamatkanlah kami dengan rahmat-Mu dari tipu daya orang-orang yang kafir."

5. Doa agar selamat dari orang zalim

"Robbi najjinii minal qoumidh dholimiin."

Artinya:
"Ya Allah, selamatkanlah dan lindungilah aku dari orang-orang yang zalim itu."

Waktu mustajab membaca doa keselamatan

Berbagai doa yang dibaca sebenarnya bisa diamalkan kapanpun dan di manapun kamu berada, begitu pula dengan amalan doa keselamatan ini. Namun, perlu diketahui bahwa terdapat waktu-waktu tertentu yang membuat doa yang dipanjatkan menjadi mudah untuk dikabulkan oleh Allah.

Adapun waktu-waktu mustajab untuk berdoa yaitu sebagai berikut:

1. Setelah adzan dikumandangkan.
Doa yang dipanjatkan setelah adzan sebaiknya dibaca setelah kamu membaca doa sesudah adzan. Kemudian berdoalah untuk keselamatan dunia dan akhirat agar selalu dilindungi oleh Allah.

2. Setelah sholat fardhu.
Alangkah baiknya setelah sholat kita tidak hanya berdoa untuk meminta apa yang kita inginkan atau kita capai di dunia, namun kita juga harus memanjatkan doa keselamatan agar selamat dunia dan akhirat

3. Setelah sholat sunnah (lebih baik malam hari).
Pada sepertiga malam adalah waktu yang tepat untuk mengerjakan sholat malam seperti sholat tahajud, sholat hajat dan sholat sunnah lainnya.

Waktu sepertiga malam ini antara pukul 01:00 dini hari sampai sebelum masuknya waktu subuh. Setelah mengerjakan sholat malam ini juga menjadi waktu yang mustajab untuk memanjatkan doa.

4. Pada malam Lailatul Qodar.
Pada malam Lailatul Qodar, semua umat muslim berlomba-lomba memperoleh keistimewaan malam tersebut dengan beritikaf di masjid, berdzikir, dan sebagainya. Jangan lupa berdoa memohon keselamatan dunia dan akhirat.

5. Malam ke-23 pada bulan Ramadhan.
Bulan Ramadhan adalah bulan terbaik dari bulan-bulan lainnya. Karena pada bulan ini semua umat muslim di dunia mengerjakan puasa wajib Ramadhan.

Pada malam ke-23 di bulan Ramadhan, diyakini permohonanmu akan dikabulkan jika kamu beribadah di malam ini karena banyak keberkahan yang diberikan oleh Allah kepada hambanya.