×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ini 3 waktu yang mustajab untuk berdoa di bulan Ramadan

View Image

0

BRILIO » Wow

Ini 3 waktu yang mustajab untuk berdoa di bulan Ramadan

Ada waktu-waktu yang dipercaya tepat untuk berdoa.

09 / 05 / 2019 02:31

Brilio.net - Bulan Ramadan selalu ditunggu-tunggu lantaran diyakini sebagai bulan yang penuh berkah. Segala ibadah yang dilakukan umat muslim juga akan dilipatgandakan pada bulan Ramadan. Pada bulan yang memiliki banyak keistimewaan ini semua pintu neraka ditutup, sementara pintu surga dibuka selebar-lebarnya.

Banyak dari kaum muslimin yang mengharap ridho dan karunia Allah yang berlipat-lipat. Tak cukup sampai disitu, doa-doa yang dimohonkan kepada Allah juga dipercaya akan mudah diijabah. Selama bulan Ramadan, ada beberapa waktu mustajab untuk berdoa. Menurut para ulama setidaknya ada tiga waktu mustajab untuk berdoa di bulan Ramadan.

Berikut tiga waktu yang mustajab untuk berdoa di bulan Ramadan sebagaimana brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Kamis (9/5).  

1. Waktu sahur.

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda: Allah berfirman, "siapa saja yang berdoa kepad-Ku, maka akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, maka Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku, maka akan Aku ampuni." (HR Bukhari dan Muslim).

Loading...

Ibu Hajar juga menjelaskan hadis di atas dengan berkata, "doa dan istighfar di waktu sahur mudah dikabulkan." (Dalm Fath Al-Bari).

2. Saat berpuasa.

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda: "tiga orang yang doanya tidak tertolak: Orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan doa orang yang dizalimi." (HR Ahmad)

Imam Nawawi berkata, "Disunnahkan orang yang berpuasa untuk memperbanyak doa demi urusan akhirat dan dunianya, juga boleh berdoa untuk hajat yang ia inginkan, begitu pula jangan lupakan doa kebaikan untuk kaum muslimin secara umum." (Al-Majmu').

3. Ketika berbuka puasa.

Nabi SAW bersabda, "ada tiga orang yang doanya tidak ditolak (1) Pemimpin yang adil, (2) Orang yang berpuasa ketika dia berbuka,(3) Doa orang yang terzalimi." (HR Tirmidzi).

Dalam Tuhfah Al-Ahwadi disebutkan bahwa kenapa doa mudah dikabulkan ketika berbuka puasa yaitu karena saat itu, orang yang berpuasa telah menyelesaikan iabadahnya dalam keadaan tunduk dan merendahkan diri.







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    100%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more