Brilio.net - Stakeholder adalah semua pihak yang ada di dalam masyarakat, seperti individu, komunitas, kelompok, pemerintah, yang memiliki hubungan dan kepentingan terhadap sebuah organisasi atau perusahaan dan isu atau permasalahan yang sedang terjadi. Stakeholder dianggap penting dalam sebuah organisasi karena memiliki peran aktif atau pasif untuk mengembangkan tujuannya.

Adanya stakeholder dalam setiap kegiatan diperlukan untuk membantu mengembangkan tujuan dari perusahaan tersebut. Seperti yang kita ketahui, stakeholder dapat dijumpai dalam kegiatan bisnis, sehingga perusahaan tidak lepas dari adanya tokoh stakeholder.

Dalam sebuah bisnis atau perusahaan, stakeholder meliputi pemegang saham, karyawan, staf, pegawai, distributor, maupun konsumen. Bahkan, jaringan terluar atau kompetitor perusahaan juga dapat disebut sebagai stakeholder, karena akan mempengaruhi kestabilan perusahaan.

Nah, untuk lebih memahami lebih lengkap mengenai stakeholder, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Jumat (13/5), ketahui pengertian, peran, dan jenisnya dari stakeholder.