Brilio.net - Struktur sosial berasal dari bahasa lain, yaitu dari kata 'structum' yang artinya menyusun. Dengan demikian, struktur sosial memiliki arti yaitu susunan masyarakat.

Dalam pengertian lain, struktur sosial adalah sebuah tatanan sosial dalam kehidupan masyarakat. Di dalam tatanan sosial tersebut terkandung hubungan timbal balik antara status dan peranan yang menunjuk pada suatu keteraturan perilaku.

Tatanan sosial dalam kehidupan bermasyarakat merupakan jaringan dari unsur-unsur sosial yang pokok, seperti kelompok sosial, kebudayaan, lembaga sosial, stratifikasi sosial, kekuasaan, dan wewenang. Dengan begitu, secara sederhana struktur sosial dapat dikatakan sebagai keseluruhan jalinan antara unsur-unsur sosial yang pokok, yaitu kaidah sosial, lembaga sosial, kelompok sosial, dan lapisan sosial.

Ketika seorang individu bergabung dan menjadi anggota sebuah kelompok, pastinya kelompok tersebut memiliki tujuan. Supaya tujuan tersebut dapat dicapai, maka akan dibentuk dan dibangun struktur sosial yang ada dalam suatu kelompok atau masyarakat. Secara umum struktur sosial disepakati sebagai bentuk keteraturan manusia dalam kehidupan bersosial, supaya tujuan tersebut dapat dicapai sesuai dengan keinginan.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Lebih lanjut, berikut brilio.net telah rangkum dari berbagai sumber, Jumat (13/5), pahami pengertian, klasifikasi, dan ciri dari struktur sosial.

 

(brl/pep)