Brilio.net - Biasanya dalam setiap kesempatan, baik berupa tulisan maupun perkataan banyak umat Islam yang menggunakan kata qadarullah. Arti qadarullah pastinya bukan istilah yang asing bagi umat Islam. Pasalnya, kata tersebut memang kerap digunakan dalam aktivitas sehari-hari.

Qadarullah dalam Islam adalah ketetapan atau qadar dari Allah SWT, sehingga tak perlu dipertanyakan atau disesali atas apa yang terjadi. Arti qadarullah menunjukkan bahwa segala sesuatu yang terjadi di alam semesta ini sudah menjadi kehendak Allah SWT.

Bahkan, semua makhluk harus tunduk terhadap apa yang telah Allah nyatakan dan tetapkan. Istilah qadarullah termasuk dalam suatu rukun iman kepada Allah. Sebenarnya qadarullah bukan hanya harus diketahui, namun wajib untuk diimani. Sebab, dengan meyakini qadarullah menjadi salah satu indikator sempurnanya keislaman seseorang.

Untuk dapat lebih memahami arti qadarullah beserta makna dan waktu pengucapannya, berikut brilio.net telah rangkum dari berbagai sumber pada Jumat (15/7).

 

(brl/pep)