Brilio.net - Siapa sih yang nggak tahu Sungai Amazon? Sungai yang terkenal dengan kekayaan ragam flora dan faunanya tersebut merupakan sungai yang melewati banyak negara seperti Bolivia, Brasil, Colombia, Ekuador, French Guiana, Guyana, Peru, Suriname, dan Venezuela.

Apakah hutan seperti Amazon ini hanya satu-satunya di dunia? Ternyata tidak, karena Indonesia juga memiliki setidaknya ada 5 sungai dengan kelokan alur dan kelebatan hutan yang berdiri kokoh di sekitarnya. Hmmm, kira-kira sungai mana saja ya? Seperti yang dilansir brilio.net dari travelingyuk.com, Selasa (15/3) ini dia 5 Sungai Amazon versi Indonesia

1. Sungai Kere, Banyuwangi

kembaran amazon  © 2016 brilio.net foto: asliindonesia.net

Sungai Kere ini terletak di Kawasan Blok Bedul atau di sebelah barat Taman Nasional Baluran, Banyuwangi. Di kanan dan kiri dari sungai Kere ditumbuhi pepohonan serta mangrove. Semakin menuju muara, maka alurnya akan semakin menyempit. Sungai ini biasanya dimanfaatkan nelayan sebagai jalan transportasi untuk menuju daerah lainnya. Rimbunnya sungai ini membuatnya mirip dengan Amazon.

2. Sungai Mahakam, Kalimantan

kembaran amazon  © 2016 brilio.net foto: goodnewsfromindonesia.org

Seperti halnya di daerah Amerika Latin, hutan hujan di Kalimantan juga memiliki karakteristik kurang lebih sama. Rimbun, cenderung lembab, dan berisi berbagai flora dan fauna menjadikan hutan di sekitaran Kalimantan sangat cocok untuk disebut sebagai salah satu paru-paru dunia.

3. Sungai Maron, Pacitan

kembaran amazon  © 2016 brilio.net foto: travelingyuk.com

Selain Banyuwangi, Pacitan juga memiliki sungai mirip Amazon yang dinamakan sungai Maron. Jika kamu menyusuri sungai ini dengan menggunakan perahu, maka pemandangan khas sungai Amazon akan tercermin secara nyata di sungai Maron ini. Rimbunnya pepohonan, sungainya yang dapat dilalui dengan perahu diiringi dengan suara-suara satwa di sana membuat kamu serasa sedang mengarungi kemisteriusan Amazon.

4. Sungai Oya, Yogyakarta

kembaran amazon  © 2016 brilio.net foto: diasporaiqbal.blogspot.com

Sungai yang melewati beberapa Kabupaten di Yogyakarta ini memang terkenal dengan kelokannya yang indah apalagi jika dilihat dari ketinggian. Jika kamu menyusuri Sungai Oya dengan menggunakan perahu, selain akan menikmati keindahan alam di sekitarnya, kamu juga dapat langsung mengunjungi lembah sungai yang memiliki ketinggian sekitar 200 meter serta dapat melihat keindahan pantai selatan dari sungai ini.

5. Sungai Ajkwa, Timika

kembaran amazon  © 2016 brilio.net foto: beritadaerah.co.id

Jauh di pedalaman Papua, tepatnya di Timika ada sebuah sungai yang ketika kamu menyusuri aliran sungainya dengan menggunakan perahu akan teringat pada Amazon. Sungai Ajkwa ini sangat indah jika dilihat dari ketinggian dengan kelokan dan pepohonan yang berdiri kokoh di kanan dan kirinya.