Brilio.net - Kalau ditanya pariwisata apa yang menarik di Belitung, pasti banyak yang bilang pantainya. Ya, Belitung memang sejak lama terkenal dengan keindahan pantai yang didukung bentangan tebing-tebing batu granit yang memukau. Salah satunya adalah Pantai Tanjung Tinggi yang telah mahsyur berkat novel dan film Laskar Pelangi.

Menurut Dayang Belitung, Vinnilya, keindahan Tanjung Tinggi dengan pasir putih dan bersihnya wilayah pantai itu menarik banyak wisatawan. Terbukti sejak 2014 hingga 2016, tingkat pariwisata di kawasan Belitung khususnya Tanjung Tinggi meningkat pesat.

"Pantai bersih, langit biru, pasir putih dan lembut pastinya menjadi salah satu incaran para wisatawan. Apalagi dengan adanya batu-batu besar yang menjadi salah satu spot terbaik. Saya yakin bisa meningkatkan potensi wisata di sini," ujar Vinnilya kepada brilio.net, Rabu (9/3).

Pasir putih & batuan di pantai 'Laskar Pelangi' ini pukau para turis

Pasir putih & batuan di pantai 'Laskar Pelangi' ini pukau para turis

Pantai Tanjung Tinggi memang menjadi andalan Kabupaten Belitung sebagai salah satu destinasi wisata. Terlebih saat ada gerhana matahari total, Rabu (9/3), sedikitnya Kabupaten Belitung menyedot 50 ribu wisatawan lokal dan mancanegara.

"Ini sudah melebihi ekspektasi kami. Dari nusantara kami targetkan 4.000-5.000 wisatawan, sedangkan dari mancanegara kami targetkan 750-1.000 wisatawan. Tapi ini bener-bener di luar ekspektasi dan melebihi target kami," ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Belitung, Hermanto.

Sementara, Dwi, salah satu wisatawan menilai Tanjung Tinggi adalah pantai terbaik yang pernah didatanginya. "Pantainya bagus, lautnya biru, pasirnya empuk, keren banget pokoknya," ujarnya.

Nah, untuk kamu yang ingin merasakan pantai Laskar pelangi ini, nggak ada salahnya merencanakan untuk berkunjung ke sana.