Brilio.net - Layaknya daerah lainnya di Indonesia, Provinsi Bengkulu juga menyimpan berbagai tempat wisata memesona yang layak untuk disambangi. Berbagai destinasi plesiran mulai dari wisata alam, sejarah, hingga kuliner tersaji lengkap di daerah yang awalnya dikenal dengan nama Bencoolen ini.

Berikut brilio.net himpun dari berbagai sumber, Kamis (3/3), 15 tempat wisata memesona kebanggaan Bengkulu. Dijamin bikin pengen cepet-cepet piknik ke sana!

1. Benteng Marlborough


foto: almiragittah.wordpress.com

Benteng Marlborough merupakan sebuah benteng yang dibangun oleh East India Company (EIC) pada tahun 1713-1719. Seperti fungsi Benteng pada umumnya, Benteng Marlborough ini dibangun untuk mempertahankan wilayah Bengkulu dari serangan musuh. Namun sekarang, Benteng Marlborough dijadikan sebagai wisata sejarah untuk mengenang masa perjuangan pada waktu itu. Keberadaan Benteng Marlborough sendiri merupakan sebuah bukti dari eksistensi penjajahan Inggris di wilayah nusantara.

2. Rumah pengasingan Sang Proklamator


foto: dythafitriyani.wordpress.com

Rumah tempat pengasingan presiden pertama Indonesia ini layak untuk menjadi pilihan yang tidak boleh terlewat saat kamu menyambangi Bengkulu. Melanjutkan pengasingannya dari Ende, Flores, kemudian Bung Karno menempati rumah ini dari tahun 1938 hingga 1942. Di Bengkulu, Sang Proklamator bertemu dengan Fatmawati, gadis asli Bengkulu yang kemudian menjadi istrinya sekaligus sang penjahit Bendera Sang Saka Merah Putih saat Proklamasi 17 Agustus 1945.

3. Pantai Panjang


foto: indonesia.travel

Bengkulu juga punya pantai! Pantai Panjang namanya. Lokasinya juga sangat mudah dijangkau. Kamu hanya butuh 15 menit saja untuk mencapai pantai ini dari pusat kota. Pasirnya yang putih bersih, membuat pantai ini indah dan sangat nyaman sekali untuk dikunjungi. Saat matahari tenggelam juga menjadi saat-saat yang romantis dan ditunggu-tunggu.

4. Pantai Tapak Paderi


foto: indonesia.travel

Selain Pantai Panjang, Bengkulu juga Pantai Tapak Paderi sebagai destinasi pantai lainnya. Lokasinya tidak jauh dari Benteng Marlborough, hanya sekitar 100 meter saja. Jika kamu mengunjungi pantai ini pada sore hari, kamu akan disuguhkan dengna pemandangan yang luar biasa indahnya. Pasalnya, sunset di pantai ini menjadi salah satu daya tarik wisatawan.

5. Danau Dendam Tak Sudah


foto: 1001malam.com

Mendengar nama danau ini kemungkinan besar akan menggelitik rasa ingin tahu kamu. Danau Dendam Tak Sudah begitu masyarakat Bengkulu mengenalnya. Di balik namanya yang unik ternyata juga memiliki keindahan tersendiri. Memiliki luasnya sekira 37,50 hektare, danau ini terletak di Bengkulu Utara, tidak jauh dari pusat Kota Bengkulu. Danau yang dikelilingi bukit-bukit hijau ini merupakan kawasan cagar alam yang menyimpan banyak potensi ekologi dan keseimbangan ekosistem.

6. Museum Negeri Bengkulu


foto: initempatwisata.com

Kebudayaan dan museum adalah dua hal tak terpisahkan. Di dalam museum ini, tersimpan jejak-jejak kebudayaan dari masa ke masa, dalam bentuk benda budaya peninggalan sejarah, foto, audio, naskah kuno, dan lainnya. Selain karena keunikan budaya yang dimiliki, Bengkulu sebagai kota yang pernah dijajah Inggris, menyimpan banyak peninggalan sejarah yang menarik untuk ditelusuri dan kamu dapat menemukannya di Museum Negeri Bengkulu.

7. Pulau Tikus


foto: potokito.blogspot.com

Pulau Tikus adalah salah satu destinasi wisata bahari andalan di Bengkulu yang lokasinya terletak di sebelah barat ibukota Bengkulu. Walau pulau karang kecil ini luasnya hanya kurang lebih dua hektarare, akan tetapi keindahan dan potensi wisata yang ditawarkan cukup banyak.

8. Kota Curup


foto: indonesia.travel

Bagi kamu yang ingin menikmati hawa sejuk, Kota Curup adalah tempatnya. Suhu sedingin 18 derajat celcius menyambut pagi di Kota Curup, ibukota Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu. Ladang-ladang masih diselimuti kabut sehingga buah dan sayur yang ditanam berpetak-petak terlihat samar. Pemandangan yang menarik tercipta di sisi kanan dan kiri jalan dari sebagian besar rumah tradisional penduduk yang masih berbentuk panggung di antara rumah modern dengan lantai keramik dan cat warna-warni.

9. Bukit Kaba


foto: elshaddaifm.in

Di Bukit Kaba, kamu dapat menikmati indahnya jajaran Bukit Barisan yang berdiri indah serta pendar cahaya matahari terbenam ketika petang tiba. Berkemah di puncak bukit untuk menyaksikan gemerlap lampu Kota Curup pada malam hari juga satu hal yang menawan di tempat ini.

10. Danau Mas Harun Bastari


foto: travelmatekamu.com

Kawasan wisata Danau Mas Harun Bastari memiliki luas 36 hektar. Bukit di sekelilingnya ditanami sayur-mayur segar. Bagian tengah danau pun unik karena terdapat pulau kecil yang berbentuk seperti huruf 'C'. Penduduk setempat mengatakan bahwa huruf tersebut melambangkan inisial dari nama Curup.

MAU DESTINASI YANG LEBIH SERU? KLIK NEXT

2 dari 2 halaman



11. Air panas Suban


foto: jalan2.com

Mata air dari Bukit Kaba mengalir ke kolam pemandian melalui saluran air yang dilengkapi sistem pengaturan suhu. Airnya yang jernih dan terasa hangat menebarkan rayuan agar orang datang menghampiri untuk berendam dan merilekskan tubuh mereka. Di Suban Air Panas nyatanya memang akan menjadi tempat untuk kamu menikmati air hangat di tengah cuaca dingin dengan hadiah tambahan pemandangan nan elok.

12. Sungai Air Berau


foto: betapunyaa.blogspot.com

Kamu dapat menikmati kejernihan dan kebersihan Sungai Air Berau yang menyimpan berbagai spesies ikan. Tidak hanya itu, kamu juga dapat memancing ikan di sungai. Salah satu jenis ikan yang dapat ditemukan di sungai ini adalah ikan semah. Pecinta arung jeram bisa mengunjungi Sungai Air Berau, karena memiliki debit air yang deras dengan banyak rintangan.

13. Air terjun Curug Sembilan


foto: tempatwisataseru.com

Air terjun ini sangat indah dan wajib kamu kunjungi jika berlibur ke Bengkulu Utara. Keunikan air terjun ini adalah karena air yang mengalir membentuk sembilan tingkatan dan masing-masing tingkatan membentuk beberapa air terjun sehingga memberikan pemandangan alam yang spektakuler.

14. Air terjun Kepala Curup


foto: rainbowtroutlures.com

Dengan ketinggian mencapai 100 meter, air terjun ini memiliki keeksotisan yang luar biasa. Lokasinya ada di Desa Kepala Curup Kecamatan Padang Ulak Tanding Kabupaten Rejang Lebong. Dengan berjalan kaki kira-kira 300 meter dari jalan raya kamu dapat menikmati pemandangan indah air terjun ini.

15. Kampung Tua China


foto: indonesia.travel

Ingin seperti berada di China? Kampung Tua China adalah tempatnya yang cocok untuk kamu sambangi. Berdasarkan data sejarah kawasan ini merupakan permukiman China sejak masa Kolonial Inggris. Keterangan tersebut mendukung keberadaan peninggalan-peninggalan arkeologi di kawasan tersebut yang berupa rumah tinggal yang mempunyai arsitektur China.