Brilio.net - Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan yang memiki potensi wisata sangat besar didunia. Setiap tahunnya selalu ada peningkatan kunjungan wisata ke Indonesia. Bicara soal pariwisata Indonesia, nggak cuma semata-mata Bali, Lombok, Raja Ampat maupun kepulauan Alor saja. Yah, kawasan Indonesia timur memang dikenal memiliki pesona alam, pantai dan bawah laut yang luar biasa memesona.

Namun, nggak ada salahnya kamu berbalik arah ke barat, seperti wilayah kepulauan Sumatera dan sekitarnya. Indonesia bagian barat pun memiliki tempat wisata yang tak kalah cantik dari wilayah Indonesia timur. Penasaran mana saja? Yuk, simak penjelasan berikut yang dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (25/2).

1. Titik 0 kilometer Indonesia


foto: Instagram/agnesaljon

Sabang, merupakan kota paling barat di Indonesia seperti yang kita kenal lewat lagu "Dari sabang sampai Merauke". Mengunjungi Sabang tak lengkap rasanya jika tidak merasakan sensasi berada di titik paling ujung Indonesia. Kawasan paling ujung barat Indonesia ini ditandai dengan Tugu Titik Nol Kilometer Indonesia. Tugu ini merupakan penanda geografis terjauh ujung barat Indonesia yang juga banyak dikunjungi wisatawan.

2. Pantai Iboih


foto: unsyiah

Iboih sendiri merupakan nama sebuah desa di Kecamatan Sukakarya, Sabang. Di Iboih ini terdapat dua pantai yaitu Pantai Teupin Layeu dan Pantai Teupin Sirkui, namun para wisatawan lebih senang menyebutnya dengan Pantai Iboih. Pantai Teupin Layeu ini merupakan pantai dengan pasir putih sedangkan Pantai Teupin Sirkui merupakan pantai berkarang.

3. Pantai Anoi Itam


foto: kameradroid

Pantai Anoi Hitam ini berbeda dengan pantai yang ada di Sabang lainnya, karena pantai ini merupakan pantai berpasir hitam satu-satunya yang ada di Sabang. Pantai ini berjarak sekitar 14 km dari Kota Sabang, tepatnya berada di Desa Anoi Itam, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang, Aceh.

4. Air Terjun Pria Laot


foto: travelmatekamu

Tidak cuma pantai saja yang ada di Sabang, di sini juga terdapat air terjun yang bernama air terjun Pria Laot. Air terjun Pria Laot ini memiliki hulu dari Gunung Saung Keris. Air terjun Pria Laot berada di Desa Pria Laot, Kelurahan Iboih atau jaraknya sekitar 15 km dari Kota Sabang.

5. Pulau Rubiah


foto: trover

Pulau Rubiah letaknya di seberang Iboih. Dari Iboih wisatawan bisa menyeberang menggunakan perahu kecil selama 15 menit saja. Pulau Rubiah ini dikenal memiliki pantai pasir putih yang indah serta memiliki keindahan bawah laut yang sangat kaya dan alami. Jangan lupa untuk mencoba snorkeling jika kesana.

6. Danau Toba


foto: beritaseri

Siapa sih yang tidak mengenal Danau Toba? Danau vulkanik terbesar di dunia ini memiliki panorama yang luar biasa indah. Selain karena memiliki pulau Samosir di tengahnya yang sangat ikonik, Danau Toba juga bisa menjadi pilihan terbaik menikmati sunset di tanah Sumatera.

7. Pulau Cubadak


foto: flickr

Pulau Cubadak ini terletak di pesisir Selatan, Sumatera Barat. Tepat berada di tengah Samudera Hindia, pulau ini akan menawarkan seperti memiliki pulau pribadi. Akses kesana, bisa ditempuh melalui Pantai Carocok, kemudian diteruskan dengan menyeberang menggunakan perahu. Di pulau Cubadak sendiri sudah ada beberapa penginapan hingga resort mewah yang bisa ditempati untuk menginap.

8. Puncak Mandeh Tarusan


foto: Instagram/alamnusantaraindah

Puncak Mandeh yang terletak di Kecamatan Koto XI Tarusan, Sumatera Barat. Puncak Mandeh sendiri berada di pulau Mandeh yang biasa disebut sebagai Raja Ampatnya Sumatera. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan, seperti camping seraya menikmati gugusan pulau-pulau kecil yang bertebaran di antara birunya laut.

9. Lembah Harau


foto: phinemo

Lembah Harau merupakan lembah yang subur terletak di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat. Berada sekitar 138 km dari Padang dan sekitar 47 km dari Bukittinggi. Lembah Harau menawarkan suasana pedesaan yang sejuk dan tenang. Lembah Harau juga sering dijuluki sebagai Lembah Yosemite Indonesia karena memiliki keindahan seperti Taman nasional Yosemite di California. Di lembah ini kita juga bisa melihat beberapa air terjun, salah satunya Sarasah Bunta.

2 dari 2 halaman


10. Danau Laut Tawar


foto: telusuriindonesia

Letaknya di gugusan Dataran Tinggi Gayo yang terkenal sebagai daerah penghasil kopi. Danau seluas 5.472 hektare ini lebih mirip menyerupai laut, namun memiliki air yang tawar. Daerah Gayo sendiri memang sebuah daerah berhawa sejuk di Indonesia, akrena berada sekitar 1.000 meter di atas permukaan laut. Selain duduk-duduk santai di tepi Danau Laut Tawar sambil menikmati secangkir kopi gayo yang khas, kamu bisa pake waktumu buat mengelilingi Danau Laut Tawar dengan naik perahu motor, bersepeda maupun memancing.

11. Bukit Lawang


foto: rontravel

Bukit lawang berada di kaki Gunung Lauser, Taman Nasional Gunung Lauser, Sumatera Utara. Di Bukit ini wisatawan bisa mengikuti paket wisata tracking atau penjelajahan untuk menyaksikan secara lebih dekat kehidupan satwa liar di alam bebas hutan Sumatera.

12. Pulau Sikuai


foto: klikhotel

Pulau Sikuai terletak sangat dekat dari kota Padang, yaitu sekitar 35 menit saja menggunakan transportasi laut melalui Dermaga Bungus atau sekitar 45 menit dari Pelabuhan Muara. Objek yang sangat terkenal dengan keindahan pantai pasir putih ini mirip dengan pantai Green Bowl, Bali. Di pulau seluas 44,4 hektar ini kita bisa melakukan berbagai macam kegiatan seperti berenang, snorkeling, mendayung kano, tracking hutan tropis maupun bersepeda keliling pulau.

13. Bukit Langkisau


foto: wego

Bukit Langkisau merupakan salah satu objek wisata yang terletak diantara kota Painan dan Nagari Salido. Berada di ketinggian sekitar 400 meter di atas permukaan laut, tak heran kalau bukit ini memiliki hawa sejuk. Kegiatan yang bisa dilakukan dari atas bukit, selain melihat hamparan Samudera Hindia maupun menikmati sunset, pengunjung bisa mencoba kegiatan ekstrim paralayang yang sudah disediakan pengelola.

14. Pulau Nias


foto: berkat-nias.blogspot.com

Nias dikenal dunia dengan pariwisatanya yang masih menjunjung tinggi nilai kearifan lokal. Yang paling terkenal adalah lompat batu Nias yang wajib dilakukan oleh pemuda pulau tersebut. Selain tradisi Lompat Batu yang bisa kita jumpai di Desa Bawomatauo ini, atraksi lain yang bisa kamu temui jika berkunjung ke Pulau Nias adalah tradisi tari perang tradisional. Selain itu, jangan salah ya pantai-pantai di Pulau Nias juga dikenal memiliki ombak yang indah untuk berselancar layaknya di Hawaii.

15. Anambas, Kepulauan Riau


foto: ksmtour

Setelah dinobatkan menjadi kepulauan tropis terbaik di Asia, Anambas sukses menarik perhatian dunia. Anambas memiliki total 255 pulau kecil beserta laut birunya yang indah. Bagi kamu yang hobi main di pantai maupun gemar melakukan kegiatan snorkeling, Kepulauan Anambas adalah surga kecil di Indonesia yang layak kamu kunjungi segera.