Brilio.net - Kekayaan kuliner Nusantara seolah tak ada habisnya kalau mau digali. Medan, mungkin menjadi bagian dari kekayaan tersebut. Ibu Kota Provinsi Sumatera Utara ini memiliki khasanah kuliner yang nggak kalah dengan daerah lain. Wisatawan yang datang ke sini, pastinya siap dimanjakan lidahnya.

Kekayaan kuliner Kota Medan menambah daya tarik wisatanya. Daerah ini makin menjadi salah satu pintu masuk wisatawan mancanegara di Indonesia bagian barat, terlebih lokasinya yang berada tak jauh dari bandara besar berstandar internasional, Bandara Internasional Kuala Namu.

Nah, kalau kamu mengunjungi Medan, sayang bila kamu tak sekalian menikmati kuliner Medan yang aduhai, yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber berikut ini, Minggu (14/2). Penasaran?

1. Kedai Durian Ucok.

10 Kuliner maknyus di Medan ini wajib kamu coba kalau ke sana! foto: jayanjayan.com

Medan tak bisa dilepaskan dari buah durian. Durian Medan terkenal dengan dagingnya yang legit dengan sensasi rasa sedikit pahit yang menggoda. Jika kamu datang ke Medan, kamu harus mengunjungi Kedai Durian Ucok yang terletak di Jalan Wahid Hasyim, sebelumnya di Jalan Iskandar Muda.

Kedai Durian Ucok merupakan tempat penjualan buah berduri ini yang paling laris di Medan. Buka pada malam hari sampai menjelang pagi, Kedai Durian Ucok mampu menjual 6.000-7.000 buah durian dalam semalam.

2. Soto Kesawan ‘Enak Tenan’.

10 Kuliner maknyus di Medan ini wajib kamu coba kalau ke sana! foto: ndoroputri.com

Di daerah kota lama Kesawan, kali ini kamu harus mencicipi soto di Rumah Makan Soto Kesawan Enak Tenan di Jalan Ahmad Yani 116. Soto di sini sangat unik karena menggunakan udang dalam sajiannya. Sesuatu yang mungkin tak kamu temukan di soto-soto lain. Udang yang digunakan adalah udang galah dengan ukuran relatif besar. Udang digoreng terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam kuah soto.

3. Soto RM Sinar Pagi.

10 Kuliner maknyus di Medan ini wajib kamu coba kalau ke sana!
foto: ceritaperut.com

Masih seputar soto di Medan. Penggemar soto, silakan datang ke Rumah Makan Sinar Pagi yang terletak di Jalan Sei Deli. Soto di sini memiliki cita rasa lezat dengan kuah santan kental dan kaya rempah yang disajikan bersama potongan daging sapi, perkedel, rempeyek dan sambal kecap. Jika kamu kurang menyukai soto bersantan, kamu bisa memesan soto ayam yang tak kalah nikmatnya.

4. Rumah Makan Tabona.

10 Kuliner maknyus di Medan ini wajib kamu coba kalau ke sana! foto: garnesia.com

Rumah Makan Tabona terletak di Jalan Mangkubumi, Medan. Tempat wisata kuliner ini menyajikan beragam kari lezat mulai dari bihun kari, kari ayam, kari daging kambing sampai kari daging sapi.Buka sejak pukul 06.30 sampai 16.30, rumah makan ini ramai sekali terutama saat jam makan siang karena berada di kawasan perkantoran.

5. Kedai Kopi Apek.

10 Kuliner maknyus di Medan ini wajib kamu coba kalau ke sana! foto: sumutdaily.com

Ini tempat yang wajib dikunjungi para penggemar kopi. Keda Kopi Apek yang terletak di Jalan Hindu 37 ini merupakan kedai kopi tertua dan populer di Medan. Kedai Kopi Apek sudah berdiri sejak tahun 1922 dan sampai sekarang cita rasa kopinya tak berubah, lho. Konon, kunci kenikmatan kopi di sini ada pada pemilihan kopi terbaik, pengaturan suhu air sampai teknik mengaduk yang harus dilakukan dengan tepat.

6. Tip Top.

10 Kuliner maknyus di Medan ini wajib kamu coba kalau ke sana! foto: pecintawisata.wordpress.com

Restoran Tip Top sudah sangat populer di telinga orang Medan dan juga wisatawan yang berkunjung ke kota ini. Restoran ini pada awalnya terletak di Jalan Pandu, dengan nama Retoran Jangkie, sesuai dengan nama pemiliknya. Namun kemudian, pada tahun 1934 restoran berpindah ke Jalan Kesawan dan namanya pun ikut berganti menjadi Restoran Tip Top.

7. Merdeka Walk.

10 Kuliner maknyus di Medan ini wajib kamu coba kalau ke sana! foto: jayanjayan.com

Suka wisata kuliner di malam hari? Datang saja ke Merdeka Walk yang merupakan kawasan hiburan malam dan tempat wisata kuliner di Medan yang terbesar. Merdeka Walk sangat ramai di malam hari dan menjadi tempat berkumpulnya ratusan orang di Medan. Sedikitnya terdapat 30 outlet kuliner dan 700 bangku yang disediakan untuk pengunjung. Berbagai kuliner lezat dapat kamu cicipi mulai dari soto, lontong sayur, sushi, steak sampai sop buntut.

8. Mie Ayam Jamur Kumango.

10 Kuliner maknyus di Medan ini wajib kamu coba kalau ke sana! foto: jenzcorner.net

Mie tipis kenyal dipadukan dengan irisan daging ayam dan jamur serta taburan tauge, sawi dan bawang goreng bisa jadi membuat kamu ingin menikmati dua porsi sekaligus. Menikmati mie ayam jamur spesial ini belum lengkap tanpa kopi susu tradisional yang dijamin akan menambah nikmat santap kulinermu.

9. Jalan Semarang.

10 Kuliner maknyus di Medan ini wajib kamu coba kalau ke sana! foto: yukpiknik.com

Jalan Semarang merupakan daerah pecinan yang pada siang hari merupakan sentra penjualan onderdil kendaraan di Medan. Malam harinya, kawasan sepanjang 200 meter ini disulap menjadi pasar malam dan tempat wisata kuliner favorit di Medan. Kawasan ini telah populer sejak tahun 1960-an sebagai salah satu pusat hiburan di kota Medan. Pasar malam mulai aktif sejak pukul 18.00 dan tutup pada pukul 01.00. Berbagai menu pilihan dapat kamu cicipi di sini mulai dari sate sampai martabak. Salah satu menu favorit di sini adalah nasi bebek Hainan.

10. Sate Padang Al-Fresco.

10 Kuliner maknyus di Medan ini wajib kamu coba kalau ke sana! foto: kopisiantar.com

Sate Padang yang satu ini juga jangan sampai terlewatkan. Kamu bisa menikmatinya bersama taburan keripik singkong pedas. Campuran citarasa gurih, pedas, dan suara kriuk-kriuknya membuat  selera makan bertambah. Kedai Sate Padang Al-Fresco berlokasi di Jln. Perniagaan (Pajak Ikan) dan buka mulai pukul 19.00 WIB - 22.00 WIB.