Brilio.net - Di dunia, hanya terdapat dua tempat ubur-ubur yang tidak menyengat. Satu di sebuah danau di Pulau Eil Malk, Koror, Palau, dan satunya di Danau Kakaban di Berau, Kalimantan Timur, Indonesia. Danau ini terletak di Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur, tepatnya di Pulau Kakaban. Selain garis pantainya yang indah, keberadaan danau dengan ubur-ubur yang tidak menyengat ini menjadi salah satu faktor wisatawan datang ke sini.

Kamu harus liburan ke Kepulauan Derawan. Salah satunya Danau Kakaban ini wajib kamu datangi. Ekosistem di danau ini sangatlah unik. Danau ini terkenal di dunia memiliki empat jenis ubur-ubur. Ubur-ubur tersebut yaitu ubur-ubur bulan, ubur-ubur totol, ubur-ubur kotak, dan ubur-ubur terbalik.

 

Hanya ada 2 ubur-ubur langka di dunia, salah satunya di Indonesia foto: Dok. Pribadi Abdul Aziz

Banyak wisatawan yang mengabadikan pengalaman mereka berenang dengan ubur-ubur di Danau Kakaban. "Di Indonesia ada beberapa danau dengan ubur ubur yang tidak menyengat, dari yg sudah saya datangi ada 3, yaitu Kakaban dan Maratua (Berau, Kaltim), Mariona (Togean Sulteng) dan Lanmakana (Misool Raja ampat, ada juga danau lainnya dengan ubur ubur ini)," kata Freelancer Fotografer, Abdul Aziz kepada brilio.net, Selasa(9/2).

Aziz yang kebetulan sedang menjelajahi Pulau Borneo ini bilang di samping ke-3 danau tersebut, informasinya ada sebuah tempat juga ditemukan di Komodo dan juga di Banggai kepulauan. "Ubur ubur ini tidak menyengat karena terjebak di danau selama ribuan tahun sehingga berevolusi menjadi tidak menyengat," kata lelaki asal Balikpapan ini.

Aziz juga menambahkan, aturan bagi wisatawan yang ingin berenang dengan ubur ubur tidak menyengat adalah tidak boleh pakai fin atau kaki katak. Selain itu tidak boleh pakai tabir surya atau kimia lainnya sebelum masuk air. Aturan lain, kalau masuk air tidak boleh meloncat. Tentu saja sewaktu di air tidak boleh melakukan gerakan yang bisa mengakibatkan matinya hewan ini.