Brilio.net - Perjalanan hidup itu tidak semudah membalikkan tangan dan berjalan dengan mulus-mulus saja. Ada banyak momen yang akan kamu lewati. Kamu tidak bisa selalu merasa bahagia, ada kalanya kamu dihadapkan pada cobaan atau situasi yang tidak mudah. Kesedihan, kegalauan, amarah, dan jenuh akan terlintas seiring waktu. Keputusan apa yang akan kamu ambil saat itu, akan mempengaruhi kelanjutan hidupmu.

Menyerah atau bangkit kembali, dua pilihan yang sudah pasti akan dilalui semua manusia. Kendati demikian, sebagai manusia yang punya iman, kamu tentunya memilih untuk optimis lagi. Tantangan hidup yang berat itu harus bisa kamu lalui dengan penuh semangat. Sayangnya dorongan semangat itu tidak hanya bisa dilakukan sendiri, tetapi juga diberi semangat oleh orang terdekat seperti teman, keluarga, kekasih, dan lain sebagainya.

Meskipun ada beberapa motivasi dari orang lain, ada kalanya bahwa masukan yang mereka berikan kurang relevan atau keluh kesahmu kurang dapat tersampaikan dengan baik. Salah satu cara mendapatkan motivasi saat berada di titik terendah adalah dengan membaca kata-kata mutiara kehidupan. Nggak hanya sekadar kata mutiara, namun kata-kata yang satu ini juga punya unsur 'bijak'. Sehingga mampu jadi suntikan ekstra buatmu.

Nah, selain itu juga kamu bisa mengirimkan kata-kata mutiara bijak ini kepada orang lain yang sekiranya membutuhkan. Bisa melalui pesan chat langsung atau unggah di medsos pribadimu. Bahagia didapat, pahala pun diraih

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Nah, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Rabu (1/9), inilah kata-kata mutiara bijak kehidupan yang penuh makna dan motivasi.

Kata-kata mutiara bijak kehidupan paling menyentuh.

kata mutiara bijak kehidupan © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Hadapkan diri pada kaca besar, pandanglah wajahmu sendiri. Apakah di umurmu yang sekarang, kamu harus memilih menyerah?

1. "Belajar tanpa berpikir itu tidaklah berguna, tapi berpikir tanpa belajar itu sangatlah berbahaya!."

2. "Barangsiapa ingin mutiara, harus berani terjun di lautan yang dalam.”

3. "Cintai dirimu terlebih dahulu, maka yang lainnya akan jatuh cinta padamu. Kau harus benar-benar mencintai dirimu sendiri untuk mendapatkan apa saja yang ada di dunia ini.”

4. "Lakukan sesuatu. Memimpin, menjadi pengikut, atau menyingkir."

5. "Jalani setiap hari seakan itu adalah hari terakhirmu. Kerjakan setiap pekerjaan seakan kamu adalah bosnya. Perlakukan semua orang seakan mereka adalah dirimu.”

6. "Pikirkan hal-hal yang paling hebat, dan engkau akan menjadi yang terhebat. Tetapkan akal pada hal tertinggi, dan engkau akan mencapai yang tertinggi.”

7. "Kita selalu lupa atau jarang mengingat apa yang kita miliki, tetapi kita seringkali ingat apa yang ada pada orang lain.”

8. "Yang benar-benar milik kita adalah waktu; bahkan dia yang tidak memiliki apa pun memiliki itu."

9. "Memilih untuk bersikap positif dan memiliki sikap bersyukur akan menentukan bagaimana kamu akan menjalani hidupmu."

10. "Tersenyumlah di cermin. Lakukan itu setiap pagi dan Anda akan mulai melihat perbedaan besar dalam hidup Anda."

11. "Semakin kamu dewasa, semakin kamu dituntut untuk selalu terlihat baik-baik saja, meski kamu sedang sehancur-hancurnya."

12. "Menggunakan pakaian tidak bermerk dan terjangkau bukan berarti anda miskin. Ingatlah bahwa anda memiliki keluarga untuk diberi makan. Bukan sebuah komunitas untuk dibuat kagum." - Emma Watson

13. "Untuk segala hal yang pada akhirnya harus direlakan dan untuk semua usaha dan harapan yang diperjuangkan. Semoga tuhan menggantinya dengan kebahagiaan yang kita nantikan."

14. "Permata tak bisa dipoles tanpa gesekan. Manusia tak bisa sempurna tanpa ujian."

15. "Hormati orang lain karena ilmunya, jika tidak, hormati karena jasanya. Jika tidak, hormati karena usianya. Salah satu cara memuliakan diri sendiri adalah dengan memuliakan orang lain."

16. "Hiduplah dengan mandiri karena di situ terdapat kebahagiaan. Kebahagiaan tanpa adanya kemandirian hanyalah kebahagiaan yang rapuh."

17. "Jika kau gagal setelah berlama-lama usaha, itu tandanya kau tidak benar-benar gagal. Kau baru saja menambah usia perjuangan untuk hidupmu dan generasi setelahmu."

18. "Bekerjalah dua atau tiga kali lebih banyak dari orang lain karena usaha tidak pernah membohongi hasil." - Chairul Tanjung

19. "Jadilah dirimu sendiri sesuai dengan kepribadian dirimu. Tidak perlu berpura-pura menjadi orang lain hanya untuk disukai banyak orang."

20. "Meskipun mulut kita berbusa-busa memotivasi seseorang untuk berubah, jika tidak ada motivasi yang kuat dalam dirinya sendiri, maka tidak akan berubah."

21. "Saya percaya bahwa uang bukan satu-satunya hal yang memotivasi seseorang untuk bekerja. Orang butuh uang, tapi mereka juga ingin bahagia dan melakukan pekerjaannya." - Akio Morita

22. "Dari kecewa, kita belajar hati-hati untuk percaya."

23. "Jangan takut akan hari depan. Kalau gak dapat keberuntungan, nanti kamu bisa dapat tantangan."

24."Mengucap syukurlah jika hari ini kamu masih punya tempat tinggal, masih sehat, dan masih bisa makan. Banyak saudara kita di luar sana yang tidak dapat menikmati apa yang bisa kita nikmati saat ini."

25. "Mulai setiap harimu dengan pikiran positif dan hati yang bersyukur." - Roy T. Bennett

26. "Jangan menilai seseorang dari kesalahan masa lalunya karena setiap orang past ingin berproses untuk berubah menjadi lebih baik."

27. "Ciri-ciri orang yang jiwanya kuat adalah tidak mudah marah, menangis, atau menyerah karena dia selalu punya alasan untuk sibuk berkarya."

28. "Berbicara tentang kehidupan, hal paling penting adalah apakah anda menerima segala sesuatu begitu saja atau dengan penuh rasa syukur." - GK Ghesterton

29. "Sukses bukanlah kebetulan, ia terbentuk dari kerja keras, ketekunan, pembelajaran, pengorbanan, dan yang paling penting yaitu cinta akan hal yang sedang atau ingin kamu lakukan." - Pele

30. "Membantu saat kau memiliki itu adalah kebaikan. Tetap membantu saat kau kesulitan itu adalah kebijaksanaan."

31. "Setiap orang punya jatah gagal, habiskan jatah gagalmu ketika kamu masih muda."

32. "Hidup itu seperti garis bilangan di mana ketika anda berada di titik negatif. Anda harus melewati titik 0 (netral) terlebih dahulu untuk menuju ke titik positif."

33. "Jangan lelah melangitkan doa dan membumikan ikhtiar, semoga semesta mempermudah harapan. Asalkan kamu mau bersabar, tuhan akan mengabulkan segalanya."

34. "Teruslah berjuang meskipun terjatuh, bangkir walaupun sakit, serta yakinlah bahwa selepas itu Tuhan akan menitipkan mimpimu menjadi kenyataan."

35. "Berhentilah berpikir berlebihan dan membuat masalah yang sebetulnya tidak pernah benar-benar ada."

36. "Saat orang melempar batu ke arahmu, jangan kau lempar balik. Koleksi batunya dan bangunlah kerajaan."

37. "Berhentilah menghakimi masa lalu seseorang. Lebih baik berdirilah di sampingnya, bantu dia memperindah masa depannya." - Najwa Shihab

38. "Kamu tidak sendiri, kamu tidak kesepian. Alam semesta hanya sedang menjauhkan dan memisahkanmu dari orang-orang yang tidak sanggup menuju level selanjutnya bersamamu."

39. "Bekerjalah selagi mereka tidur, bekerjalah selagi mereka berpesta. Menabunglah selagi mereka boros hiduplah seperti diangan mereka."

40. "Jangan karena kamu kesepian akan membuatmu berhubungan kembali dengan orang-orang yang toxic. Kamu tidak seharusnya minum racun hanya karena kamu kehausan."

41. Jangan menyamakan kepribadianku dengan sikapku. Kepribadianku adalah siapa diriku, sikapku bergantung pada bagaimana kamu memperlakukanku.

42. "Pikiranmu adalah sebuah magnet. Jika kamu memikirkan berkat, maka kamu menarik berkat. Jika kamu memikirkan masalah, maka kamu menarik masalah."

43. "Ambil resiko, jika kamu menang, kamu akan happy. Jika kamu kalah, kamu akan jadi bijak."

44. "Tetaplah merasa bodoh agar terus belajar. Dan tetaplah merasa lapar agar terus berusaha." - Steve Jobs

45. "Tuhan tidak akan pernah membiarkanmu dalam keadaan tangan kosong. Dia akan mengganti segala sesuatu yang hilang. Jika dia memintamu untuk melepaskan sesuatu, itu karena dia akan memberikanmu sesuatu yang lebih dahsyat dan luar biasa."

46. "Semakin tua diriku, aku semakin sadar bahwa aku tidak butuh drama, konflik, dan stres. Yang kuinginkan hanya rumah yang nyaman, makanan yang sehat, dan dikelilingi oleh orang-orang positif."

47. "Ketika orang tuamu tidak kaya, tapi masih mampu memberimu kehidupan yang nyaman dan menyenangkan, hargailah usaha dan pengorbanan mereka."

48. "Perut yang lapar, dompet yang kosong, dan hati yang patah adalah ketiga hal yang dapat mengajarkanmu pelajaran terbaik dalam kehidupan." - Robin Williams

49. "Ketika tuhan memberimu awal yang baru, jangan mengulangi kesalahan yang lama."

50. "Sebuah hubungan yang baik adalah ketika dua insan berkomitmen ntuk tumbuh bersama."

Kata-kata mutiara bijak bahasa Jawa.

kata mutiara bijak kehidupan © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Banyak tulisan Jawa yang diadaptasi dari orangtua. Kata-kata tersebut pun punya makna dalam yang bisa meningkatkan semangatmu menjalani hidup.

51. "Sesomo manungso iku kudu urip kanthi guyup lan rukun." (sesama manusia itu harus hidup rukun dengan akur dan rukun)

52. "Dadi anak kuwi kudu seng bekti marang wong tuwo." (Jadi anak harus berbakti kepada orangtua)

53. "Sabeja-bejane wong kang lali, luwih becik wong kang eling lan waspodo." (Seberuntung-beruntungnya orang yang lupa atau tersesat masih lebih baik keadaannya orang yang selalu mawas diri dan waspada)

54. "Alon-alon penting klakon." (Pelan-pelan asalkan terlaksana)

55. "Memayu hayuning bawana, ambrasta dur hangkara." (Manusia hidup di dunia harus mengusahakan keselamatan, kebahagiaan dan kesejahteraan; serta memberantas sifat angkara murka, serakah dan tamak)

56. "Aja gumunan, aja getunan, aja kagetan, aja aleman." (Jangan mudah terheran-heran, jangan mudah menyesal, jangan mudah terkejut- kejut, jangan mudah kolokan atau manja)

57. "Gusti iku cedhak tanpa senggolan, adoh tanpa wangenan." (Tuhan itu dekat meski tubuh kita tidak dapat menyentuhnya dan akal kita dapat menjangkaunya)

58. "Urip iku terus mlaku, bebarengan karo wektu,sing bisa gawa lakumu, supaya apik nasibmu." (Hidup itu terus berjalan,bersamaan dengan waktu,yang bisa membawa tingkah lakumu, biar baik nasibmu)

59. "Sing sopo wonge nandur bakal ngunduh." (siapa saja yang menanam akan menuai)

60. "Ampun mbedakaken marang lintune." (jangan membeda-bedakan antara sesama manusia. Di suruh menghargailah perbedaan)

Kata-kata mutiara bijak cinta penuh arti.

kata mutiara bijak kehidupan © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Saat jalinan cinta sedang tidak baik, kamu juga butuh nih suntikan kata-kata mutiara bijak cinta. Agar kamu makin bergairah dalam membina hubungan cinta dengan baik sama doi.

61. "Meramal masa depan yang paling jitu adalah menciptakan masa depan itu sendiri."

62. "Jadilah lebih lembut, jangan biarkan dunia membuat kita menjadi keras, jangan biaskan rasa sakit membuat kita menjadi pembenci."

63. "Orang yang memiliki hati paling baik ialah mereka yang menelan rasa sakit dan mencegah orang lain untuk merasakannya."

64. "Tanda sejati dari kecerdasan bukanlah pengetahuan, tapi imajinasi."

65. "Langit boleh saja berhiaskan bintang-bintang bercahaya indah di sisi sang rembulan. Tetapi cahaya terindah yang pernah aku lihat, hanya ada di sinar matamu."

66. "Ketika kau meminta cahaya, Tuhan memberiku matahari. Ketika aku meminta air, Tuhan memberi aku hujan. Dan saat aku meminta kebahagiaan, Tuhan memberikan dirimu."

67. "Tadi malam aku melihat bintang-bintang dan menuliskan alasan aku cinta kamu di setiap bintangnya."

68. "Jika kamu mencintai seseorang, maka lepaskan dia. Jika seseorang itu kembali, dia milikmu. Namun jika tidak, dia memang bukan untukmu.” (Richard Bach)

69. "Setiap orang akan menyakitimu, kamu hanya harus mencari seseorang yang pantas membuat kamu memikul rasa tersebut.” (Bob Marley)

70. "Semakin lama hidup di dunia, semakin saya menyadari bahwa hal yang paling memberikan makna kehidupan adalah hubungan dengan orang lain.” (William Shatner)

71. "Hargai selagi ada, boleh sibuk tapi jangan lupa sama yang selalu ada."

72. "Hakikat cinta adalah rintihan panjang yang dikeluhkan oleh lautan perasaan kasih sayang. Ia adalah cucuran air mata kesedihan langit pikiran. Ia adalah senyuman ceria kebun-kebun bunga cinta." - Khalil Gibran

73. "Jangan sekali-kali percaya pada kasih sayang yang datang tiba-tiba, karena dia akan meninggalkanmu dengan tiba-tiba pula." - Pythagoras

74. "Seperti orang lain di alam semesta, kamu layak untuk mendapatkan cinta dan kasih sayang." - Buddha

75. "Cinta adalah seorang tuan rumah yang penuh kasih sayang kepada para tamunya, walaupun bagi rumahnya yang tak diharapkan merupakan sebuah khayalan dan penghinaan." - Khalil Gibran

76. "Cinta dan kasih sayang adalah kebutuhan, bukan kemewahan. Tanpa hal tersebut, rasa kemanusiaan tidak akan bisa bertahan." - Dalai Lama XIV

77. "Kasih sayang, ekspresi atau sejenisnya, penting untuk kehidupan kasih sayang layaknya dedaunan yang menjadi kehidupan untuk sebatang pohon. Jika mereka benar-benar terbatas, cinta akan hilang hingga ke akar akarnya." - Nathaniel Hawthorne

78. "Satu-satunya cara agar kita memperoleh kasih sayang, ialah jangan menuntut agar kita dicintai, tetapi mulailah memberi kasih sayang kepada orang lain tanpa mengharapkan balasan." - Dale Carnegie

79. "Lambang cinta pada cincin ini maknanya bahwa sebagai pasangan kami saling membutuhkan kasih sayang satu sama lain untuk membentuk satu cinta yang utuh." - Netty Virgiantini

80. "Jalinan kasih sayang tidak bisa dipaksakan. Bisa saja orang berpura-pura pengasih tapi dengan cara itu kelak dia akan meringis perih." - Abdullah Gymnastiar

81. "Jangan pernah berpisah tanpa ungkapan kasih sayang untuk dikenang. Mungkin saja perpisahan itu ternyata untuk selamanya." - Jean Paul

82. "Kamu itu ilusi. Ilusi yang membelenggu. Atau justru ilusi yang hanya diciptain oleh hati saya sendiri?" - Dear Nathan

83. "Ada pola dasar yang menyebabkanmu patah hati sekarang: Kamu mengenalnya, kamu mencintainya, dan kamu tidak bisa melupakannya."

84. "Kamu tidak akan bisa melihat keburukan pada apa yang kamu cintai dan tidak bisa melihat keindahan pada apa yang kamu benci."

85. "Cinta bukanlah mencari pasangan yang sempurna, tapi menerima pasangan kita dengan sempurna."

86. "Datangnya kematian tidak menunggu hingga kamu menjadi orang baik. Jadilah orang baik dan tunggulah kematian."

87. "Mencintai itu butuh tenaga, jangan kau buang tenagamu untuk berlari dan menyerah."

88. "Memang tidah salah untuk berharap, tapi harus tau kapan untuk berhenti."

89. "Keputusan tersulit yang harus kamu buat adalah ketika kamu yang terlalu lelah untuk bertahan. Tapi kamu juga terlalu cinta untuk melepaskan."

90. "Terima yang sudah terjadi, ikhlaskan apa yang tidak boleh diubah. Betulkan apa yang masih boleh diperbaiki."

91. "Pasangan yang paling lama bertahan adalah pasangan yang setiap harinya bertengkar."

92. "Semua orang datang dan pergi dalam kehidupan ini, termasuk kita juga, kita akan pergi. Maka, semoga kedatangan kita bermanfaat."

93. "Sekuat apapun digenggam, jika bukan takdirmu, maka akan terlepas juga. Ikhlas lebih baik daripada tersakiti."

94. "Jatuh cinta yang paling indah adalah jatuh cinta yang bisa membuatmu semakin dekat dengan Rabbmu, Allah SWT."

95. "Isilah sebuah perjalanan dengan keindahan dan rasa syukur. Yakinlah banyak cinta dan senyum tulus yang mendampingi."

96. "Janganlah terlalu dalam mencintai seseorang, bisa jadi kamu akan kecewa karena yang terjadi tidak sesuai dengan apa yang kamu harapkan."

97. "Cinta selalu saja misterius. Jangan diburu-buru, atau kau akan merusak jalan ceritanya sendiri." - Tere Liye

98. "Cinta bukan mengajar kita lemah, tetapi membangkitkan kekuatan. Cinta bukan mengajar kita menghinakan diri, tetapi menghembuskan kegagahan. Cinta bukan melemahkan semangat, tetapi membangkitkan semangat." - Buya Hamka

99. "Percayalah, jika dia memang cinta sejati kau, mau semenyakitkan apa pun, mau seberapa sulit liku yang harus dilalui, dia tetap akan bersama kau kelak, suatu saat nanti." - Tere Liye

100. "Setiap orang pasti akan mengalami patah hati yang mengubah cara pandangnya terhadap cinta seumur hidupnya." - Raditya Dika

101. "Cinta bukanlah bertahan seberapa lama. Tetapi seberapa jelas dan ke arah mana." - Emha Ainun Nadjib

Kata-kata mutiara bijak Islam.

kata mutiara bijak kehidupan © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Agama menjadi landasan utama seseorang untuk tetap bertahan hidup. Karena setelah kesusahan pasti ada kebahagiaan.

102. "Untuk mendapatkan apa yang diinginkan, kau harus bersabar dengan apa yang kau benci." (Imam Ghazali)

103. "Jangan pernah risaukan soal rejekimu, karena rejekimu sudah pasti dijamin oleh Allah."

104. "Bersyukurlah atas apa yg kamu miliki, perbaiki kesalahan masa lalu, dan belajarlah tuk hidup saat ini dan selanjutnya."

105. "Allah menguji seseorang di titik terlemahnya sebab dengan begitu ia hendak menjadikan kita kuat di titik itu."

106. "Jangan pernah kamu malu untuk meminta maaf dan memaafkan orang lain, karena dua hal ini akan menjadi kunci untuk perdamaian."

107. "Lidahmu jangan kamu biarkan menyebut kekurangan orang lain, sebab kamu pun punya kekurangan dan orang lain pun punya lidah.” (Imam Syafii)

108. "Tetap saling menjaga satu sama lain untuk selalu dekat dengan Allah. Semoga kelak bersama-sama masuk surga."

109. "Hari ini, sebelum kamu mengatakan kata-kata yang tidak baik, pikirkan tentang seseorang yang tidak dapat berbicara sama sekali."

110. "Mencintai Allah baik dari segi yang sederhana ke yang tidak sederhana."

111. "Janganlah kamu berduka cita, sesungguhnya Allah selalu bersama kita.” (QS At Taubah 40)

(brl/guf)