Kata-kata mutiara bijak bahasa Jawa.

Kata-kata mutiara bijak kehidupan yang menyentuh © 2023 brilio.net

Kata-kata mutiara bijak kehidupan yang menyentuh
pexels.com

Banyak tulisan Jawa yang diadaptasi dari orangtua. Kata-kata tersebut pun punya makna dalam yang bisa meningkatkan semangatmu menjalani hidup.

51. "Sesomo manungso iku kudu urip kanthi guyup lan rukun." (sesama manusia itu harus hidup rukun dengan akur dan rukun)

52. "Dadi anak kuwi kudu seng bekti marang wong tuwo." (Jadi anak harus berbakti kepada orangtua)

53. "Sabeja-bejane wong kang lali, luwih becik wong kang eling lan waspodo." (Seberuntung-beruntungnya orang yang lupa atau tersesat masih lebih baik keadaannya orang yang selalu mawas diri dan waspada)

54. "Alon-alon penting klakon." (Pelan-pelan asalkan terlaksana)

55. "Memayu hayuning bawana, ambrasta dur hangkara." (Manusia hidup di dunia harus mengusahakan keselamatan, kebahagiaan dan kesejahteraan; serta memberantas sifat angkara murka, serakah dan tamak)

56. "Aja gumunan, aja getunan, aja kagetan, aja aleman." (Jangan mudah terheran-heran, jangan mudah menyesal, jangan mudah terkejut- kejut, jangan mudah kolokan atau manja)

57. "Gusti iku cedhak tanpa senggolan, adoh tanpa wangenan." (Tuhan itu dekat meski tubuh kita tidak dapat menyentuhnya dan akal kita dapat menjangkaunya)

58. "Urip iku terus mlaku, bebarengan karo wektu,sing bisa gawa lakumu, supaya apik nasibmu." (Hidup itu terus berjalan,bersamaan dengan waktu,yang bisa membawa tingkah lakumu, biar baik nasibmu)

59. "Sing sopo wonge nandur bakal ngunduh." (siapa saja yang menanam akan menuai)

60. "Ampun mbedakaken marang lintune." (jangan membeda-bedakan antara sesama manusia. Di suruh menghargailah perbedaan)

Kata-kata mutiara bijak cinta penuh arti.

Kata-kata mutiara bijak kehidupan yang menyentuh © 2023 brilio.net

Kata-kata mutiara bijak kehidupan yang menyentuh
pexels.com

Saat jalinan cinta sedang tidak baik, kamu juga butuh nih suntikan kata-kata mutiara bijak cinta. Agar kamu makin bergairah dalam membina hubungan cinta dengan baik sama doi.

61. "Meramal masa depan yang paling jitu adalah menciptakan masa depan itu sendiri."

62. "Jadilah lebih lembut, jangan biarkan dunia membuat kita menjadi keras, jangan biaskan rasa sakit membuat kita menjadi pembenci."

63. "Orang yang memiliki hati paling baik ialah mereka yang menelan rasa sakit dan mencegah orang lain untuk merasakannya."

64. "Tanda sejati dari kecerdasan bukanlah pengetahuan, tapi imajinasi."

65. "Langit boleh saja berhiaskan bintang-bintang bercahaya indah di sisi sang rembulan. Tetapi cahaya terindah yang pernah aku lihat, hanya ada di sinar matamu."

66. "Ketika kau meminta cahaya, Tuhan memberiku matahari. Ketika aku meminta air, Tuhan memberi aku hujan. Dan saat aku meminta kebahagiaan, Tuhan memberikan dirimu."

67. "Tadi malam aku melihat bintang-bintang dan menuliskan alasan aku cinta kamu di setiap bintangnya."

68. "Jika kamu mencintai seseorang, maka lepaskan dia. Jika seseorang itu kembali, dia milikmu. Namun jika tidak, dia memang bukan untukmu.” (Richard Bach)

69. "Setiap orang akan menyakitimu, kamu hanya harus mencari seseorang yang pantas membuat kamu memikul rasa tersebut.” (Bob Marley)

70. "Semakin lama hidup di dunia, semakin saya menyadari bahwa hal yang paling memberikan makna kehidupan adalah hubungan dengan orang lain.” (William Shatner)

71. "Hargai selagi ada, boleh sibuk tapi jangan lupa sama yang selalu ada."

72. "Hakikat cinta adalah rintihan panjang yang dikeluhkan oleh lautan perasaan kasih sayang. Ia adalah cucuran air mata kesedihan langit pikiran. Ia adalah senyuman ceria kebun-kebun bunga cinta." - Khalil Gibran

73. "Jangan sekali-kali percaya pada kasih sayang yang datang tiba-tiba, karena dia akan meninggalkanmu dengan tiba-tiba pula." - Pythagoras

74. "Seperti orang lain di alam semesta, kamu layak untuk mendapatkan cinta dan kasih sayang." - Buddha

75. "Cinta adalah seorang tuan rumah yang penuh kasih sayang kepada para tamunya, walaupun bagi rumahnya yang tak diharapkan merupakan sebuah khayalan dan penghinaan." - Khalil Gibran

76. "Cinta dan kasih sayang adalah kebutuhan, bukan kemewahan. Tanpa hal tersebut, rasa kemanusiaan tidak akan bisa bertahan." - Dalai Lama XIV

77. "Kasih sayang, ekspresi atau sejenisnya, penting untuk kehidupan kasih sayang layaknya dedaunan yang menjadi kehidupan untuk sebatang pohon. Jika mereka benar-benar terbatas, cinta akan hilang hingga ke akar akarnya." - Nathaniel Hawthorne

78. "Satu-satunya cara agar kita memperoleh kasih sayang, ialah jangan menuntut agar kita dicintai, tetapi mulailah memberi kasih sayang kepada orang lain tanpa mengharapkan balasan." - Dale Carnegie

79. "Lambang cinta pada cincin ini maknanya bahwa sebagai pasangan kami saling membutuhkan kasih sayang satu sama lain untuk membentuk satu cinta yang utuh." - Netty Virgiantini

80. "Jalinan kasih sayang tidak bisa dipaksakan. Bisa saja orang berpura-pura pengasih tapi dengan cara itu kelak dia akan meringis perih." - Abdullah Gymnastiar

81. "Jangan pernah berpisah tanpa ungkapan kasih sayang untuk dikenang. Mungkin saja perpisahan itu ternyata untuk selamanya." - Jean Paul

82. "Kamu itu ilusi. Ilusi yang membelenggu. Atau justru ilusi yang hanya diciptain oleh hati saya sendiri?" - Dear Nathan

83. "Ada pola dasar yang menyebabkanmu patah hati sekarang: Kamu mengenalnya, kamu mencintainya, dan kamu tidak bisa melupakannya."

84. "Kamu tidak akan bisa melihat keburukan pada apa yang kamu cintai dan tidak bisa melihat keindahan pada apa yang kamu benci."

85. "Cinta bukanlah mencari pasangan yang sempurna, tapi menerima pasangan kita dengan sempurna."

86. "Datangnya kematian tidak menunggu hingga kamu menjadi orang baik. Jadilah orang baik dan tunggulah kematian."

87. "Mencintai itu butuh tenaga, jangan kau buang tenagamu untuk berlari dan menyerah."

88. "Memang tidah salah untuk berharap, tapi harus tau kapan untuk berhenti."

89. "Keputusan tersulit yang harus kamu buat adalah ketika kamu yang terlalu lelah untuk bertahan. Tapi kamu juga terlalu cinta untuk melepaskan."

90. "Terima yang sudah terjadi, ikhlaskan apa yang tidak boleh diubah. Betulkan apa yang masih boleh diperbaiki."

91. "Pasangan yang paling lama bertahan adalah pasangan yang setiap harinya bertengkar."

92. "Semua orang datang dan pergi dalam kehidupan ini, termasuk kita juga, kita akan pergi. Maka, semoga kedatangan kita bermanfaat."

93. "Sekuat apapun digenggam, jika bukan takdirmu, maka akan terlepas juga. Ikhlas lebih baik daripada tersakiti."

94. "Jatuh cinta yang paling indah adalah jatuh cinta yang bisa membuatmu semakin dekat dengan Rabbmu, Allah SWT."

95. "Isilah sebuah perjalanan dengan keindahan dan rasa syukur. Yakinlah banyak cinta dan senyum tulus yang mendampingi."

96. "Janganlah terlalu dalam mencintai seseorang, bisa jadi kamu akan kecewa karena yang terjadi tidak sesuai dengan apa yang kamu harapkan."

97. "Cinta selalu saja misterius. Jangan diburu-buru, atau kau akan merusak jalan ceritanya sendiri." - Tere Liye

98. "Cinta bukan mengajar kita lemah, tetapi membangkitkan kekuatan. Cinta bukan mengajar kita menghinakan diri, tetapi menghembuskan kegagahan. Cinta bukan melemahkan semangat, tetapi membangkitkan semangat." - Buya Hamka

99. "Percayalah, jika dia memang cinta sejati kau, mau semenyakitkan apa pun, mau seberapa sulit liku yang harus dilalui, dia tetap akan bersama kau kelak, suatu saat nanti." - Tere Liye

100. "Setiap orang pasti akan mengalami patah hati yang mengubah cara pandangnya terhadap cinta seumur hidupnya." - Raditya Dika

101. "Cinta bukanlah bertahan seberapa lama. Tetapi seberapa jelas dan ke arah mana." - Emha Ainun Nadjib