Brilio.net - Stres bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti pekerjaan yang padat, pikiran yang menumpuk, dan juga tugas yang belum selesai. Adanya stres berlebihan tentunya dapat menyebabkan berbagai penyakit dan gangguan kesehatan.

Untuk mengurangi tingkat stres, ada baiknya kamu melakukan berbagai hal yang bisa membuat kamu lebih tenang, seperti olahraga, refreshing, meditasi, dan juga spa. Ya, spa atau perawatan tubuh bisa mengurangi tingkat stres. Bahkan, ada juga spa yang digunakan untuk mengobati penyakit tertentu.

Tidak hanya spa, terapi dengan zat-zat tertentu rupanya juga bisa mengurangi stres. Tapi, pernahkah kamu membayangkan perawatan tubuh dengan menggunakan bantuan hewan ataupun bahan-bahan unik yang mungkin tidak lazim dipakai? Seperti siput, ular, pasir vulkanik, hingga plasenta.

Ternyata perawatan dengan hewan dan bahan-bahan unik itu banyak ditemukan di berbagai belahan dunia. Perawatan seperti apakah itu? Daripada penasaran, langsung aja yuk kita simak informasinya yang dilansir brilio.net dari brightside.me, Jumat (30/11).

1. Facial siput di Thailand.

Perawatan wajah menggunakan siput ini ada di Thailand. Siput akan menyebarkan lendir dan memberikan pijatan ringan pada wajah. Cara ini pernah digunakan pada zaman Yunani Kuno.

2. Apitherapy.

Apitherapy adalah perawatan yang menggunakan semua produk yang berasal dari lebah, termasuk racun lebah. Perawatan ini dapat untuk membantu mengatasi berbagai penyakit dan kelainan, seperti multiple sclerosis, arthritis, infeksi, dan ruam saraf. Beberapa orang juga menggunakan apitherapy untuk mengatasi rasa takut pada lebah.

3. Terapi lumba-lumba Peru.

Di Peru, berenang dengan lumba-lumba di taman laut dijadikan sebagai sebuah terapi. Wanita yang tengah hamil juga bisa menggunakan perawatan ini. Lumba-lumba nantinya akan menyenggol perut wanita itu dan melepaskan suara berfrekuensi tinggi yang dikatakan menstimulasi otak bayi.

4. Pijat ular di Israel.

Sebuah tempat spa di Israel menawarkan layanan pijat ular. Sekitar setengah lusin ular merayap di sekitar tubuh seseorang, pada dasarnya memberi mereka pijat seluruh tubuh, termasuk wajah. Selama perawatan, ular diawasi oleh penjaga. Dikabarkan pijat ular ini dapat membantu mengatasi migrain dan sakit otot.

5. Facial plasenta di Belanda.

Bagi orang-orang yang bermasalah dengan kulitnya, mulai dari jerawat, psoriasis, hingga rosacea, dapat menggunakan plasenta sebagai pengobatan utama. Bahkan kehadiran plasenta ini sudah digunakan klinik-klinik ternama di dunia. Plasenta yang digunakan berasal dari hewan dan juga tanaman. Yang paling populer untuk perawatan wajah adalah menggunakan plasenta domba. Namun di Belanda, untuk mengobati ligamen pergelangan kaki yang robek biasanya digunakan plasenta kuda.

6. Spa bir di Eropa.

Di Jerman, Austria, dan Republik Ceko, banyak hotel dan spa yang menawarkan kesempatan kepada orang-orang dengan rendaman bir. Perawatan ini dipercaya dapat membantu mengatasi masalah kulit, stres, dan bahkan meningkatkan aktivitas kardio.

7. Pemandian pasir vulkanik di Jepang.

Pernahkah kamu mendengar pemandian yang pasirnya berasal dari gunung berapi? Jika belum, kamu bisa datang ke Ibusuki, Jepang. Di sana ada sebuah pantai yang menyediakan pemandian pasir vulkanik. Ya, karena letak pantai itu berdekatan dengan gunung berapi, pasir di pantai itu pun kaya akan kandungan mineral yang bisa digunakan untuk spa dan relaksasi.

8. Cryotherapy.

Cryotherapy adalah perawatan yang menggunakan suhu beku atau hampir beku. Teknik perawatan yang paling terkenal adalah dengan duduk di dalam tangki dingin. Diharapkan dengan duduk di dalam tangki ini dapat meningkatkan kesehatan mental dan memperpanjang usia. Meski begitu, klaim ini belum dipastikan kebenarannya.

9. Perawatan jerami di Italia utara.

Hotel Heubad di Italia utara menawarkan perawatan spa dengan menggunakan jerami basah yang difermentasi. Ide ini berasal dari berabad-abad lalu saat para petani tidur di jerami. Perawatan ini diyakini mampu membantu mengatasi kram otot, sendi kaku, dan bahkan kegemukan.

10. Equine Reiki di Australia.

Equine Reiki adalah tren yang berkembang di Australia yang menawarkan berbagai praktik perawatan spiritual menggunakan kuda. Tata caranya adalah klien berbaring di tempat tidur atau duduk di kursi sementara kuda bergerak di sekitar mereka untuk menebarkan energi kehidupan kepada mereka.

11. Kati Basti.

Kati Basti adalah teknik pijat berasal dari Hindi yang menggunakan adonan. Adonan dibuat dari tepung miju-miju hitam dan dibentuk menjadi lingkaran, ditempatkan di daerah yang sempit, biasanya punggung. Adonan dipanaskan dan minyak yang dijadikan sebagai obat kemudian dituangkan ke dalam area lingkaran. Perawatan ini dipercaya dapat mengurangi sakit punggung, leher, dan juga pegal di daerah bahu.

12. Terapi daging di Italia.

Menggunakan bau daging yang bagus sebagai pengobatan adalah hal yang wajar di Italia. Hosteria da Ivan di Italia menawarkan salon salumoterapia, di mana serbet kain ditempatkan di atas kepala seseorang, memungkinkan mereka untuk menghirup bau daging di piring.