Brilio.net - Setiap orang pasti memiliki momen terindah dalam hidupnya. Ada yang punya pengalaman cinta, sosial, hingga pendidikan. Dalam dunia akademik, momen tersebut terbesar adalah saat kita wisuda. Dengan diwisuda, kita telah dinyatakan lulus dan bisa berperan di masyarakat secara nyata. Bisa menjadi pengusaha, wiraswasta hingga pejabat pemerintahan misalnya.

Foto-foto momen wisuda akan sangat bermakna dan terkenang saat kita tua. Kita bisa bernostalgia apa saja yang terjadi kala itu. Kita juga bisa mengingat kerja keras yang kita lakukan. Momen tersebut akan sangat membanggakan untuk kita di masa depan.

Hal tersebut juga dialami oleh tokoh pemerintahan. Sebagian dari mereka yang mengenyam pendidikan sarjana, mempunyai kenangan masing-masing saat diwisuda. Tentunya penampilan mereka sudah mengalami banyak perubahan. Foto-foto tersebut bahkan membuat publik pangling.

Nah, berikut beberapa foto wisuda tokoh nasional, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, pada Jumat (21/6).


1. Joko Widodo (Jokowi).

foto wisuda lawas politisi © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@jokowiiriana


Joko Widodo pernah menempuh pendidikan di Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta. Ia diwisuda pada 1985 dan tak lama kemudian ia diberi gelar insinyur. Jokowi tercatat pernah menjadi gubernur DKI Jakarta pada 2012-2014 dan sebelumnya menjabat sebagai wali kota Solo.


2. Anies Baswedan.

foto wisuda lawas politisi © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@aniesbaswedan


Gubernur DKI Jakarta ini bernama lengkap H Anies Rasyid Baswedan, S.E., M.P.P., Ph.D. Ia menempuh pendidikan S-1 di Fakultas Ekonomi, Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta pada 1989-1995.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI kabinet kerja ini kemudian melanjutkan kuliahnya lewat jalur beasiswa Fulbright dari AMINEF dalam bidang keamanan internasional dan kebijakan ekonomi. Ia menyelesaikan program masternya di School of Public Affairs, University of Maryland, College Park, Amerika Serikat pada 1997.


3. Ridwan Kamil.

foto wisuda lawas politisi © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@ridwankamil


H Mochamad Ridwan Kamil, S.T., M.U.D. atau yang biasa dipanggil Ridwan Kamil (RK) ini menyelesaikan studi S-1 di Sarjana S-1 Teknik Arsitektur Institut Teknologi Bandung pada 1995. Ia melanjutkan jenjang pendidikannya di jurusan Master of Urban Design di University of California, Berkeley 1999-2001.


4. Titiek Soeharto.

foto wisuda lawas politisi © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@prabowomenyapa


Siti Hediati Hariyadi atau yang biasa disapa Titiek Soeharto di Fakultas Ekonomi di Universitas Indonesia. Ia pernah menjabat sebagai DPR dari Fraksi Golkar pada 2014-2019. Kini ia berpindah ke partai milik adiknya, Tommy Soeharto yaitu Partai Berkarya.


5. Basuki Tjahaja Purnama.

foto wisuda lawas politisi © 2019 brilio.net

foto: myahok.com


Tokoh berwatak tegas yang biasa dipanggil BTP atau Ahok ini menempuh studi pada jurusan Teknik Geologi, Fakultas Teknik Universitas Trisakti. Ia mendapatkan gelar Insinyur pada 1990. Selanjutnya ia menamatkan program Magisternya pada 1994 dengan Master Manajemen di Sekolah Tinggi Manajemen Prasetya Mulya.


6. Fadli Zon.

foto wisuda lawas politisi © 2019 brilio.net

foto: Twitter/@fadlizon


Politisi Fadli Zon, SS, M.Sc ini menempuh pendidikan di Harlandale High School, San Antonio, Texas, Amerika Serikat pada 1994. Sebelumnya ia berkuliah di jurusan Sastra Rusia, Fakultas Sastra Universitas Indonesia pada 1997.

Ia pun melanjutkan pendidikan S-2 di Program Master, Development Studies, London School of Economics and Political Science, London di Inggris.