Brilio.net - Nama Mahfud MD belakangan ini kembali jadi perbincangan hangat di masyarakat Indonesia. Hal tersebut tak lepas dari ditetapkannya Mahfud MD sebagai bakal calon wakil presiden Ganjar Pranowo di Pemilu 2024. Ketetapan tersebut disampaikan Megawati Sukarnoputri di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Rabu (18/10).

Sebelum adanya pengumuman resmi tersebut, nama Mahfud MD sudah digadang-gadangkan bakal mendampingi Ganjar Pranowo. Tanda tersebut dapat dilihat dari ungkapan Benny Rhamdani, Wakil Ketua Umum Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo saat ditemui awak media. Dia menyebut bacawapres Ganjar berinisial M. "M itu siapa? Bisa saja Mahfud MD, Mas Ridwan Kamil, Mbak Khofifah, Mas Sandiaga Uno," ujarnya.

Namun di balik gegernya pengumuman bacawapres Ganjar Pranowo itu, tak banyak yang tahu nama asli dari Mahfud MD. Lantas, apa nama Mahfud MD yang sebetulnya dan bagaimana asal-usulnya?

Ternyata ini nama asli Mahfud MD © Instagram

Ternyata ini nama asli Mahfud MD
Instagram/@mohmahudmd

Hal tersebut diceritakan Mahfud MD, saat berbincang dengan Deddy Corbuzier di talkshow Hitam Putih, dilansir brilio.net pada Rabu (18/10). Dalam talkshow tersebut, Mahfud bercerita bahwa MD sebetulnya merupakan singkatan dari nama ayahnya Mahmudin. Adapun, nama aslinya ialah Mohammad Mahfud.

Nama Mahfud Mahmudin pertama-tama muncul ketika dia duduk di bangku SMP. Saat itu, ada dua siswa sekelasnya yang bernama Mahfud.

"Saat diabsen, (dipanggil) Mahfud, ngacung semua tiga orang," tutur Mahfud.

Saat itulah guru dari Mahfud MD memberi penanda pada setiap siswa yang bernama Mahfud.

"Kamu Mahfud A, Mahfud B, Mahfud C," kata guru tersebut sepenuturan Mahfud MD.

"Saya dapat Mahfud B."