Brilio.net - Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri akhirnya mengumumkan bakal cawapres pendamping Ganjar Pranowo. Di hadapan para kader dan koalisi pendukung Ganjar, terungkap Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD sebagai bakal cawapres pendamping Ganjar Pranowo untuk Pilpres 2024.

Pengumuman ini disampaikan Megawati Soekarnoputri di Kantor DPP PDI-P, Jakarta Pusat, Rabu (18/10), atau satu hari sebelum pendaftaran capres dan cawapres yang akan dimulai besok Kamis (19/10) hingga Rabu (25/10).

kegagalan mahfud md tak lolos cpns © berbagai sumber

foto: Instagram/@mohmahfudmd

"Ini saya telah mengambil keputusan dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, maka calon wakil presiden yang dipilih PDI Perjuangan, yang akan mendampingi Bapak Ganjar Pranowo adalah Bapak Prof Dr Mahfud MD," terang Megawati dilansir brilio.net dari YouTube PDIP, Rabu (18/10).

Sehari sebelumnya, Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto hanya memberi kisi-kisi bahwa sosok cawapres Ganjar memiliki inisial M. Nama Mahfud MD menguat, setelah beredar foto mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu tengah bersama Megawati di kediaman Megawati, di Jakarta Pusat, Selasa (17/10) malam.

 

Terkait latar belakang Mahfud MD, ia memiliki pengalaman yang kaya di tiga lembaga, yakni eksekutif, legislatif, dan yudikatif. Pemilik nama lengkap Mohammad Mahfud MD ini pernah menjabat sebagai menteri, anggota DPR, dan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK).