Brilio.net - Nyaris satu tahun, lagu Rungkad menjadi salah satu judul yang memuncaki deretan musik dangdut Tanah Air. Bahkan bisa dibilang lagu dengan lirik campuran bahasa Indonesia dan bahasa Jawa ini sudah jadi playlist favorit di mana-mana.

Brilio.net juga kerap menjumpai lagu ini diputar di banyak tempat. Mulai acara hajatan, mal sampai lingkungan perkantoran. Hal ini bisa jadi bukti kalau lagu dengan aransemen yang asyik buat berjoget ini memang bisa diterima untuk semua kalangan.

Rungkad terkenal usai dipopulerkan oleh bintang dangdut Happy Asmara pada tahun lalu. Saking populernya, lagu ini sampai disorot oleh penyanyi asal Jepang, Yamaguchi Marino. Yamaguchi membawakan cover Rungkad pakai versi bahasa Jepang dengan menarik.

Tak berselang lama, Rungkad kembali trending saat dibawakan oleh Salma Salsabila di panggung Indonesian Idol beberapa bulan lalu. Tak sampai di situ, baru-baru ini Putri Ariani tampil di Istana Negara pada perayaan HUT RI 78. Penyanyi muda ini pun mampu mengukir momen heboh saat menyanyikan Rungkad dengan ciamik.

Penampilannya sukses curi atensi lantaran Presiden Joko Widodo dan para pejabat lain sampai ikut berjoget saat mendengarkan Rungkad di momen ulang tahun Tanah Air. Terakhir, kehadiran Keisya Levronka di panggung Synchronize Festival 2023 juga bawakan lagu Rungkad bikin lagu dangdut ini makin nggak asing di telinga masyarakat.

Suksesnya Rungkad di industri musik Tanah Air ini menyeret rasa penasaran siapa sosok pencipta di balik lagu viral ini. Ternyata sosoknya adalah lelaki asal Yogyakarta bernama Vicky Prasetyo.

Kisah Vicky Prasetyo ciptakan lagu Rungkad dalam hitungan menit © 2023 brilio.net

foto: brilio.net/Ida Setya

Brilio.net akhirnya menuju ke sisi selatan Yogyakarta tepatnya di area Pleret, Bantul untuk menjumpai pencipta lagu yang sering dikira berasal dari Jawa Timur ini. Sebuah bangunan berlantai dua berdiri menghadap ke area sawah yang membentang di seberang jalan.