Bangunan itu bernama VIP Music, yang merupakan studio milik Vicky Prasetyo sendiri sekaligus menjadi tempatnya menciptakan judul-judul lagu dangdut. Sayangnya, sore itu Vicky Prasetyo belum kembali ke studio lantaran masih menjalani syuting untuk karya terbarunya. Akhirnya, brilio.net memutuskan untuk menghubunginya melalui sambungan telepon beberapa jam kemudian.

Merasa sudah memiliki waktu santai, Vicky Prasetyo pun lalu tak segan untuk bercerita tentang perjalanan karirnya di industri musik. Rupanya, sejak kecil ia sudah dikenalkan musik dangdut oleh kedua orangtuanya. Ayah dan ibunya merupakan penyanyi lokal Jogja yang fokus bernyanyi lagu-lagu dangdut di cafe dan panggung-panggung dangdut Jogja.

"Sejak kecil sebenarnya udah mulai belajar musik mbak, kebetulan kan kedua orang tuaku juga penyanyi dangdut di Jogja, walaupun nggak dipaksa buat terjun ke dangdut juga tapi ternyata aku cocok aja sih. Bedanya, kedua orang tua di dangdut lawas, aku menciptakannya ikut trend berkembang ke dangdut modern," Ujar pria 25 tahun ini.

Lambat laun karena merasa cocok di bidang musik, Vicky mempelajarinya lebih dalam di SMK Musik Yogyakarta. Selepas lulus, ia mencoba membedah lagu dangdut dengan nuansa yang lebih modern.

Ia sempat menyinggung, perbedaan dangdut lawas dan modern jika di sisi musik, dangdut lawas cenderung menggunakan alunan irama dari gendang atau seruling. Sementara dangdut jaman sekarang dicampur dengan berbagai alat musik modern.

Nggak cuma itu dangdut sekarang juga banyak yang mengutamakan jogetan yang bisa dinikmati bersama, salah satunya Rungkad yang terbukti kerap menggalang masa buat berjoget bareng saat lagu itu ditampilkan.

Kisah Vicky Prasetyo ciptakan lagu Rungkad dalam hitungan menit © 2023 brilio.net

foto: Istimewa

Membicarakan soal Rungkad, ternyata ada cerita menarik di balik proses penciptaannnya. Jika biasanya Vicky memperoleh ide dan inspirasi dari kisah nyata atau cerita curhatan kawan, lagu Rungkad yang viral ini justru datang melalui mimpi.

Ya, kala itu Vicky Prasetyo mimpi didatangi oleh seorang wanita yang meminta Vicky untuk membuat lagu dengan judul Rungkad. Dikatakannya sosok wanita dalam mimpi itu juga mengatakan pada Vicky jika lagu tersebut nantinya akan menjadi sesuatu yang besar.

"Awalnya aku juga nggak nyangka, ada wanita yang nyamperin aku di mimpi. Di situ dia bilang, mas cobalah bikin lagu judulnya Rungkad, nantinya itu akan jadi sesuatu." Ucap Vicky pada brilio.net.

Menariknya, sebelum bermimpi Vicky justru belum pernah mendengar kata rungkad sama sekali. Bahkan setelah bermimpi ia juga belum mengetahui makna di balik kata tersebut. Penasaran, ia pun lantas menanyakannya pada orang tua.

"Jadi memang belum pernah denger kata rungkad sebelumnya, di mimpi itu pertama kali aku mendengar kata tersebut. Ya aku penasaran, terus aku tanyakan ke orang tuaku," lanjut Vicky.

Setelah bertanya, rupaya kata rungkad memiliki makna runtuh atau ambruk. Rungkad bisa digambarkan dari pohon besar atau bangunan lain yang ambruk begitu saja. Mendapati arti ini Vicky lantas tak menyia-nyiakannya untuk menjadi inspirasi materi musik.

Ia bahkan hanya membutuhkan waktu 10 menit buat merangkai kata-kata dan aransemen dalam lagu ini. Rungkad yang digambarkan di lagu Vicky, menceritakan tentang kekecewaan seseorang dengan kekasihnya yang membuat hatinya hancur hingga boncos.

Kisah Vicky Prasetyo ciptakan lagu Rungkad dalam hitungan menit © 2023 brilio.net

foto: Istimewa

Tak butuh waktu lama, pemilik nama lengkap Vicky Tri Prasetyo ini pun segera melakukan rekaman dan membuat musik video-nya. Dari penulisan lagu sampai musik video ini tayang, ia hanya membutuhkan waktu selama 7 hari saja. Menurutnya, selagi tak ada lagi yang perlu dipertimbangkan kenapa tidak segera dirilis saja.

Mulanya Rungkad dibawakan oleh Vicky Prasetyo sendiri. Namun setelah bertemu dengan sahabatnya, Happy Asmara, ia merasa jika dinyanyikan versi Happy juga akan menghadirkan nuansa yang bagus.

Usai dibawakan oleh Happy, mimpi yang datang pada Vicky itu seolah terjawab, lagu Rungkad booming sampai internasional. Bahkan, nyaris satu tahun ini Rungkad tak membuat bosan didengar banyak kalangan. Kendati begitu, bagi Vicky, lagu Rungkad merupakan rezeki buatnya dan buat banyak orang.

Nggak cuma Rungkad, total lagu dangdut yang sudah ia ciptakan berjumlah 24 judul di antaranya Lemah Teles, Wes Tatas, kembang Wangi, Akhire Pisahan, dan lainnya. Kini, ia tengah disibukkan dengan proses pembuatan album terbarunya yang akan dirilis sebentar lagi.

"Ya, ditunggu aja ya mbak, album terbaruku, semoga bisa diterima di masyarakat," tutup Vicky.