Brilio.net - Masa pandemi tak membuat orang-orang bermalasan. Nyatanya banyak orang yang mulai menyadari pentingnya menjaga kesehatan. Hal ini dapat dilihat dengan banyaknya orang melakukan aktivitas berolahraga. Salah satu yang sedang populer di kalangan masyarakat adalah olahraga bersepeda.

Tren bersepeda digandrungi oleh masyarakat ketika pandemi Covid-19, terutama di kalangan anak-anak muda. Kegiatan bersepeda ini dijadikan pilihan banyak orang dalam berolahraga.

Kita semua tahu bahwa bersepeda sangat bagus untuk kesehatan fisik kita seperti meningkatkan kebugaran kardiovaskular, mengurangi lemak tubuh, membangun kekuatan, dan meningkatkan sirkulasi. Tetapi bagaimana dengan kesehatan mental kita?

Hubungan antara olahraga dan peningkatan kesehatan mental bukanlah hal baru, banyak penelitian selama bertahun-tahun menghubungkan kedua hal tersebut.

Dilansir brilio.net dari Your Fitness Today pada Selasa (16/6), bersepeda tak hanya membuat badan bugar melainkan bisa membuat seseorang merasa bahagia.

Loading...

Bagaimana perasaan seseorang tentang dirinya sendiri, kehidupannya, dan dunia sama pentingnya dengan kerja mekanis tubuh seseorang. Bahkan, ilmu pengetahuan menunjukkan bahwa kesehatan mental dapat menjadi prediktor yang lebih kuat dari harapan hidup dari pada kesehatan fisik.

Adapun manfaat bersepeda bagi kesehatan mental dan bagaimana hal itu dapat berdampak positif pada mereka yang menderita masalah kesehatan mental yaitu sebagai berikut.

1. Menghilangkan stres.

Manfaat bersepeda untuk kesehatan mental dan cara kerjanya © 2020 brilio.net

foto: freepik

Di tengah pandemi Covid-19 banyak hal-hal yang membuat kita stres. Stres dapat menyebabkan masalah fisik seperti sakit punggung dan sakit kepala karena tegang, tetapi juga memiliki dampak besar pada kesehatan mental.

Stres dapat menyebabkan kegelisahan dan depresi. Bersepeda mengurangi tingkat kortisol dalam tubuh seseorang, yang dikenal sebagai hormon stres. Keluar dari rutinitas lama yang sama adalah cara yang bagus untuk membuatmu merasa santai dan segar.

2. Meningkatkan kepercayaan diri.

Manfaat bersepeda untuk kesehatan mental dan cara kerjanya © 2020 brilio.net

foto: freepik

Bersepeda dapat melepaskan serotonin, yaitu suatu neurotransmitter suasana hati yang dikenal untuk meningkatkan perasaan yang baik, harga diri dan kepercayaan diri. Atur sendiri tantangan bersepeda seperti mendaki bukit yang sulit.

Buat tantangan dalam bersepeda dan coba untuk mencapai tantangan tersebut. Hal tersebut akan membuatmu merasa kuat dan dapat berpikir positif tentang diri sendiri. Selain itu, bersepeda secara teratur akan meningkatkan kesehatan fisik yang akan membantu meringankan beberapa masalah medis yang tengah dirasakan.

3. Membuat tidur menjadi nyenyak.

Manfaat bersepeda untuk kesehatan mental dan cara kerjanya © 2020 brilio.net

foto: freepik

Berolahraga dengan bersepeda mendorong pelepasan Hormon Pertumbuhan Manusia (HGH) yang sehat ke dalam aliran darah seseorang selama tidur.

HGH membantu tubuh untuk tidur nyenyak dan dorongan dari bersepeda dapat membantu mereka yang merasa sulit untuk tertidur lebih nyenyak.

4. Menumbuhkan perasaan senang.

Manfaat bersepeda untuk kesehatan mental dan cara kerjanya © 2020 brilio.net

foto: freepik

Olahraga teratur dengan bersepeda dapat meningkatkan level endorfin dalam tubuh. Endorfin ini hormon kimia yang membantu merasa baik dan memicu reaksi positif dalam pikiran dan tubuh. Studi menunjukkan bahwa bersepeda hanya 10 menit dapat melepaskan endorfin yang cukup untuk membantu merasa lebih bahagia dan lebih positif.

Lebih baik lagi, bersepeda dengan teratur akan memicu aliran endorfin yang konsisten untuk membantu menjaga suasana hatimu secara terus-menerus. Selain bagus untuk emosi dan memerangi kesehatan mental, endorfin dapat membantu melawan penyakit lain seperti Alzheimer.

5. Pendorong mood alami.

Manfaat bersepeda untuk kesehatan mental dan cara kerjanya © 2020 brilio.net

foto: freepik

Bagi mereka yang sering merasa rendah diri, bersepeda teratur dapat mendorong mood secara alami. Bukan berarti pengganti obat, bersepeda dapat bekerja berdampingan dengan perawatan kesehatan mental untuk meningkatkan perasaan kesejahteraan dan rasa tenang.

Bersepeda dapat melepaskan dopamin dan serotonin, meskipun belum terbukti, diyakini bermanfaat untuk mencegah kemungkinan depresi.

6. Keluar rumah dengan bersepeda.

Manfaat bersepeda untuk kesehatan mental dan cara kerjanya © 2020 brilio.net

foto: freepik

Bagi mereka yang menderita masalah kesehatan mental, sering berdiam diri dalam rumah dapat memperburuk keadaan. Melangkah keluar untuk melihat sinar matahari bisa memberikan keajaiban bagi mereka yang berjuang melawan depresi dan kecemasan.

Mengambil bagian dalam aktivitas fisik luar ruang seperti bersepeda dikaitkan dengan peningkatan energi, keterlibatan positif, perasaan direvitalisasi dan penurunan ketegangan serta tingkat stres.

7. Bersepeda membuat perjalanan jadi lebih sehat.

Manfaat bersepeda untuk kesehatan mental dan cara kerjanya © 2020 brilio.net

foto: freepik

Memilih untuk membawa sepeda ke kantor adalah cara yang bagus untuk memulai hari. Kamu akan tiba di kantor dengan perasaan segar, positif, dan siap untuk menjalani hari.

Bersepeda ke tempat kerja atau ke tempat-tempat lainnya tidak hanya akan membuatmu merasa luar biasa. Dari sisi keuangan, kamu bisa lebih menghemat biaya transportasi lho. Nggak perlu bayar bensin atau biaya transportasi umum.