Brilio.net - Akhir-akhir ini bersepeda menjadi kegiatan yang banyak digemari oleh berbagai kalangan dan usia. Apalagi di masa pandemi virus corona, kegiatan bersepeda dijadikan pilihan banyak orang dalam berolahraga. Bukan hanya menyehatkan, bersepeda di masa pandemi juga memberikan pengalaman yang berbeda karena jalanan cenderung lebih kosong dan lebih lengang.

Tren bersepeda pun berubah jadi transportasi utama dalam kegiatan sehari-hari yang menawarkan gaya hidup sehat. Yaps bagi kamu yang senang bersepeda, kegiatan ini dapat membakar banyak kalori seperti saat jogging dan olahraga lainnya. Maka tak heran jika saat ini banyak orang yang tertarik untuk menggunakan sepeda. Sebab, bersepeda mampu membuat pikiran seseorang menjadi fresh dengan melihat aneka pemandangan sekitar.

Nah tentunya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan, seseorang perlu melengkapi diri saat bersepeda. Ada beberapa aksesoris yang sebaiknya dikenakan berkaitan dengan keselamatan saat berkendara. Tujuannya biar kamu nyaman bersepeda dan menghindari sebuah luka akibat kurangnya keamanan dari aksesoris sepeda kamu.

Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, aksesoris penting yang dipakai saat bersepeda pada Rabu (10/6)

1. Helm sepeda

Loading...

aksesoris penting dipakai bersepeda berbagai sumber

foto: pixabay

Hal pertama dan yang paling utama dalam bersepeda adalah keamanan. Untuk itu, kamu tentu membutuhkan helm sepeda untuk menunjang keamanan dalam bersepeda. Penggunaan helm ini sangat wajib dipakai meski hanya bersepeda keliling komplek saja, hal ini untuk mencegah peristiwa kecelakaan yang dapat terjadi sewaktu-waktu.

Yaps, fungsi utama helm yaitu sebagai perangkat keselamatan yang menjaga kepala kita dari benturan sehingga kita tetap aman dalam bersepeda. Pada dasarnya, setiap helm memiliki beberapa tingkat perlindungan dengan beragam variasi dan kualitasnya. Untuk mempertimbangkan kecocokan kamu perlu menyesuaikan dengan bentuk kepala ya, agar nyaman digunakan setiap hari saat bersepeda.

2. Sarung tangan

aksesoris penting dipakai bersepeda berbagai sumber

foto: pixabay.com

Sama pentingnya seperti helm, sarung tangan sepeda akan sangat dibutuhkan jika kamu ada rencana untuk bersepeda di perbukitan, gunung atau di medan yang kasar dan terjal. Bukan hanya untuk melindungi telapak tangan kamu dari kapalan, sarung tangan sepeda juga akan menjaga bagian tangan agar tidak lecet karena terlalu lama bersepeda.

3. Kacamata

aksesoris penting dipakai bersepeda berbagai sumber

foto: pixabay.com

Kacamata sepeda menjadi salah satu aksesoris yang penting dipakai. Bukan untuk membuat penampilan semakin keren, tetapi kacamata juga dibutuhkan untuk melindungi mata dari debu, percikan air saat hujan, bahkan juga silau ketika bersepeda di tengah terik matahari. Bagi kamu pesepeda juga perlu memperhatikan bentuk kacamata yang benar-benar bisa melindungi mata secara keseluruhan serta tidak penglihatan.

Setiap pesepeda memiliki jenis kacamata yang berbeda, contoh saja kacamata sepeda balap tentu akan berbeda dengan kacamata orang-orang yang hanya bersepeda keliling kota. Nah untuk itu, sebelum kamu membeli kacamata tentunya perlu mempertimbangkan dari kebutuhan. Hal ini agar fungsi kacamata sebagai keamanan mata tidak tergantikan hanya untuk menunjang penampilan saja.

4. Pelindung lutut dan siku

aksesoris penting dipakai bersepeda berbagai sumber

foto: YouTube/MTB Telly

Meskipun terlihat sepele, namun pelindung lutut dan siku juga tak kalah pentingnya dipakai untuk bersepeda. Dengan memakai pelindung kamu dapat mengurangi rasa sakit saat terjatuh dan terkena benturan dari sepeda. Apalagi bagi kamu yang mengajak buah hati untuk bersepeda keliling kota, tentunya kamu harus mempertimbangkan untuk menggunakan pelindung lutut dan siku.

Kamu bisa memilih pelindung tubuh ukuran junior yang sudah didesain khusus untuk anak. Beragam motif dan warna yang menarik pun akan membuat si kecil akan senang untuk menggunakannya. Jadi, kamu dan buah hati akan terlindungi saat sedang bersepeda.

5. Lampu sepeda

aksesoris penting dipakai bersepeda berbagai sumber

foto: pixabay.com

Lampu sepeda juga sangat diperlukan bagi kamu yang berencana bersepeda di malam hari. Yaps, lampu sepeda yang memiliki fungsi sebagai penerang jalan ini berfungsi untuk menghindari kecelakaan karena dengan lampu sepeda kamu akan terlihat oleh pengendara lain. Lampu sepeda juga dapat berfungsi untuk memberikan tanda kepada pengendara lain yang akan mendahului.

Nah, biasanya lampu-lampu tersebut dipasang dibagian depan dan belakang sepeda. Jadi, pastikan memasang lampu sepeda di kedua bagian tersebut agar pengguna jalan di depan dan belakangmu tetap waspada. Kamu bisa mengukur tingkat kecerahan lampu sepeda sesuai dengan kebutuhanmu.

6. Bel sepeda

aksesoris penting dipakai bersepeda berbagai sumber

foto: pixabay.com

Percaya enggak percaya, ternyata bel sepeda mampu menyelamatkan kamu dari kecelakaan lho. Dengan membunyikan bel sepeda di jalan maka otomatis kamu memberi tahu orang-orang di sekitar bahwa kamu ingin melintas. Selain itu, bel sepeda juga sangat berguna untuk kamu yang bersepeda di malam hari dengan pencahayaan yang minim.

Apapun jenis sepeda yang kamu punya, bel sepeda penting keberadaannya untuk dimiliki. Biasanya pemasanagn bel sepeda ada di bagian stang sepeda sebelah kanan ataupun kiri yang mudah dijangkau untuk membunyikannya.

7. Gembok sepeda

aksesoris penting dipakai bersepeda berbagai sumber

foto: pixabay.com

Di zaman yang serba modern ini kejahatan dapat terjadi di mana saja. Semua barang yang dianggap berpotensi untuk dicuri oleh maling pun akan dijadikan target sasaran, nggak terkecuali sepeda. Sehingga nggak heran walaupun kamu sudah memarkirkan ditempat yang aman, tetapi sepedamu juga akan tetap bisa dicuri. Nah, untuk itu kamu perlu melengkapi sepeda dengan gembok sepeda.

Gembok sepeda akan melindungi sepedamu dari pencurian, sehingga kamu tidak perlu was-was jika meninggalkan sepeda dalam waktu yang cukup lama di parkiran atau tempat terbuka.

8. Tas sepeda

aksesoris penting dipakai bersepeda berbagai sumber

foto: pixabay.com

Saat bersepeda tentu kamu perlu membawa handphone dan dompet bukan? Nah, tas ini berfungsi untuk menaruh benda-benda tersebut agar tidak mengganggu kamu selama bersepeda. Biasanya, tas berkantung diletakka dibagian belakang sepeda tepatnya di bawah jok sepeda kamu. Hal ini agar tidak mengganggu kamu dalam mengayuh pedal saat berbagai macam botol minuman bisa ditaruh ke dalam tas tersebut kemudian cara meletakkannya juga tidak menganggu kaki dalam mengayuh pedal.