Brilio.net - Salah satu cara terbaik untuk menikmati akhir pekan adalah dengan menghabiskan waktu bersama keluarga tercinta. Melakukan berbagai aktivitas bersama membuat segala penat seketika hilang.

Apalagi kalau kamu dan keluarga bisa sama-sama mendapatkan banyak manfaat dari kegiatan di akhir pekan. Salah satu agenda yang bisa menambah keseruan di akhir pekan adalah dengan bersepeda.

Olahraga sederhana ini ampuh untuk melepas stres setelah bekerja berhari-hari. Selain itu, kamu juga bisa sekaligus melatih otot agar selalu sehat.

Nggak cuma orang dewasa saja lho yang bisa merasakan manfaat bersepeda. Anak-anak juga bisa meraih banyak hal baik ketika bersepeda. Di samping dampak pada kesehatan fisik, bersepeda juga bisa membuat mental anak menjadi lebih baik.

Tantangan yang mereka hadapi saat bersepeda, tanpa kamu sadari bisa membentuk karakter anak menjadi lebih baik. Kegiatan bersepeda juga cocok untuk anak-anak yang memiliki energi lebih.

Loading...

Tenaga mereka dapat tersalurkan dengan baik saat melakukan olahraga sepeda. Nah masih ada banyak manfaat sepeda untuk perkembangan anak.

Simak yuk apa saja kebaikan yang bisa didapatkan si kecil dari bersepeda. Berikut ulasan brilio.net dikutip dari berbagai sumber, Kamis (11/6).

1. Belajar mengayuh dengan benar.

Manfaat sepeda untuk anak © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Bersepeda jadi salah satu olahraga yang menyenangkan. Kegiatan fisik ini akan menuntut anak untuk terus bergerak dalam menjalankan sepeda.

Hal ini baik untuk dilakukan anak-anak agar persendiannya semakin kuat. Apalagi untuk anak dengan usia 4-6 tahun, mereka perlu banyak kegiatan yang menuntut untuk banyak bergerak.

Dengan belajar mengayuh mereka juga dapat mengatur kecepatan yang mereka inginkan. Mungkin pada awalnya mengayuh menjadi hal yang nggak mudah untuk anak yang baru mulai belajar bersepeda.

Di sinilah orang tua perlu mendampingi dan memberikan dukungan agar anak mampu mengayuh dengan baik. Latih anak dengan sabar sehingga bisa membuat pergerakan dan perubahan dari jarak yang ia buat. Proses ini menjadi salah satu pembelajaran yang baik untuk si kecil.

2. Menyeimbangkan tubuh.

Manfaat sepeda untuk anak © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Ketika anak belajar mengayuh, mereka juga sedang berproses untuk menyeimbangkan tubuh. Akan ada banyak tantangan dan proses pembelajaran yang mereka lalui. Mereka akan berpikir untuk mengarahkan sepeda agar tidak terjatuh.

Untuk anak yang menggunakan sepeda roda empat pun juga belajar dalam proses ini. Meski menggunakan roda bantuan, mereka akan belajar untuk mencari posisi duduk yang benar sehingga tidak jatuh, terutama saat membelokkan sepeda.

3. Melatih konsentrasi.

Manfaat sepeda untuk anak © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Belajar sepeda pada awalnya memang tidak mudah. Perlu adanya konsentrasi agar badan tidak terjatuh dari atas sepeda. Konsentrasi ini juga diperlukan anak ketika mereka menghindari halangan yang ada di jalan.

Maka berolahraga dengan sepeda ini sangat bagus untuk melatih fokus mereka. Saat berkonsentrasi mereka akan melatih juga indera penglihatan, pendengaran dan organ lainnya.

4. Melatih kemampuan motorik.

Manfaat sepeda untuk anak © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Kegiatan fisik ini nggak hanya menuntut kekuatan kaki lho. Saat anak bersepeda, tangan dan organ lainnya juga ikut terlibat dalam prosesnya. Dengan rutin bersepeda, kemampuan motorik anak akan semakin terlatih.

Dengan begitu, perkembangan anak akan semakin baik dan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan kuat.

5. Melatih kekuatan otot.

Manfaat sepeda untuk anak © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Bersepeda juga bisa memberikan dampak untuk melatih otot-otot mereka. Dengan menjaga tubuh tetap tegak dan menjaga posisi duduk saat bersepeda, bisa melatih otot punggung dan perut.

Otot perut dan punggung mendukung tulang belakang untuk meningkatkan stabilitas, meningkatkan kenyamanan saat bersepeda.

6. Proses belajar mengenai arah.

Manfaat sepeda untuk anak © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Saat bersepeda pun mereka juga dapat belajar mengenai arah. Ketika membawa sepeda, mereka akan belajar mengenai belok ke kanan dan ke kiri. Mereka bisa belajar membuat keputusan juga mana arah yang lebih baik untuk keselamatan mereka.

Orang tua dapat membimbing anak dalam proses ini. Perhatikan juga keselamatan mereka agar tidak menimbulkan risiko tinggi.

7. Belajar bertanggung jawab.

Manfaat sepeda untuk anak © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Ketika membawa sepeda anak akan merasa ia memiliki sebuah barang pribadi. Apalagi kalau mereka menyukai olahraga yang satu ini. Tentu akan membuat mereka lebih menyayangi sepedanya.

Di sinilah orang tua bisa memberikan pengertian untuk anak agar menjaga barang milik mereka. Jika si kecil ingin menggunakan sepeda dalam waktu lama, maka mereka perlu menjaga dan merawat sepeda agar tidak rusak.

Orang tua bisa mengajak anak untuk menyimpan sepeda dengan benar dan membersihkannya. Dengan begitu anak akan lebih terlatih dan belajar mengenai tanggung jawab mereka.

8. Belajar bersosialisasi.

Manfaat sepeda untuk anak © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Manfaat baik lainnya dari bersepeda untuk anak adalah melatih mereka untuk bersosialisasi. Apalagi ketika mereka bersepeda dengan tetangga atau teman-teman, akan terjadi interaksi yang melatih keberanian mereka.

Selain itu, jika ada teman yang kesulitan saat bersepeda, ia bisa terlatih kepeduliannya untuk membantu sesama.

Tapi jangan lupa ya, ajak anak untuk melakukan pemanasan dan pendinginan saat bersepeda. Selain itu, perhatikan juga keselamatan mereka selama melakukan olahraga yang satu ini.