Brilio.net - Potensi wisata di Provinsi Aceh sudah dikenal dunia. Terutama Pulau Weh yang banyak memikat wisatawan asing untuk datang. Namun jangan keliru, tak hanya Pulau Weh dan lautnya saja yang indah, tapi ternyata Aceh masih menyimpan banyak potensi wisata yang wajib kamu kunjungi.

Sebut saja beberapa jenis objek wisata seperti dataran tinggi, air terjun, dan danau. Destinasi wisata ini makin menunjukkan bahwa Aceh patut jadi pilihan wisatawan.

Berikut tempat-tempat wisata di Aceh yang harus kamu kunjungi segera. Rugi deh kalau tidak segera ke sana.

1. Pucok Krueng

aceh © 2017 brilio.net-foto: Instagram/@rizki_figo

Loading...

Salah satu surga tersembunyi yang pertama adalah Pucok Krueng. Pucok berarti ujung dan Krueng berarti sungai. Kawasan wisata ini berada di hulu sungai yang jauh dari permukiman atau sekitar 20 kilometer dari pusat kota Banda Aceh.

Panorama danau indah dan sejuk ditambah pepohonan yang asri, membuat perjalanan jauh untuk tiba di lokasi ini terbayarkan. Tebing-tebing yang berdiri tegak dan menambah keindahan destinasi Pucok Krueng. Sebagian wisatawan yang datang biasanya mencoba sensasi menantang, seperti mendaki tebing kemudian lompat dari atas tebing dan jatuh di hijaunya air Pucok Krueng.

2. Air Terjun Blang Kolam

aceh © 2017 brilio.net-foto: Instagram/@denik.kurniawan

Tidak hanya keindahan lautnya, Aceh juga memiliki objek wisata yang wajib dikunjungi yakni Air Terjun Blang Kolam. Berada di Desa Sidomulyo, Lhokseumawe, Aceh Utara. Air terjun setinggi 75 meter dan dikelilingi pepohonan rindang serta berada di balik bukit menambah eksotisnya destinasi ini.

3. Danau Lut Tawar

aceh © 2017 brilio.net-foto: Instagram/@kamusri_arjulia

Danau Lut Tawar yang terletak di Takengon, Aceh Tengah, memberikan keindahannya bagi para pengunjung tempat ini. Keindahan danau ini dapat dilihat dari pegunungan yang mengelilingi danau. Banyaknya wisatawan yang menyebut tempat ini dengan “Negeri di atas awan”. Danau Lut Tawar Takengon terletak di dataran tinggi Gayo dengan ketinggian sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut. Hawa sejuk juga selalu dihadirkan objek wisata ini ketika berkunjung ke Danau Lut Tawar..

4. Kuala Paret

aceh © 2017 brilio.net-foto: Instagram/@muksalmina47

Kuala Paret terletak di Kampung Aloy kecamatan Tamiang Hulu, Kabupaten Aceh Tamiang. Sebutan “Kuala” merujuk pada hamparan pasir dan batuan kecil yang ada di sana. Memang seperti Kuala atau pantai, sementara disebut “Paret” (dialek Tamiang untuk Parit).

Kuala Parit adalah sebuah parit besar atau sungai kecil. Aliran sungainya sangat indah. Mengalir di antara sisi tebing. Memang mirip parit besar, lebar dan curam. Namun, air yang mengalir sangat jernih kehijauan seakan para pengjung bisa bercermin. Susunan batu diantara aliran Kuala Paret juga menambah uniknya destinasi ini.

5. Air Terjun Suhom

aceh © 2017 brilio.net-foto: Instagram/@ayodolan

Air Terjun Suhom berada di Desa Suhom, Kecamatan Lhoong, Aceh Besar. Agar bisa mencapai tempat wisata ini, pengunjung harus melewati jalanan naik-turun dengan pemandangan pegunungan Paro dan Kulu. Saat di tengah perjalanan, jangan kaget saat melihat banyak monyet berkeliaran di jalan. Monyet-monyet ini biasanya meminta buah-buahan atau makanan ringan lain pada pengguna jalan yang lewat.

Air terjun setinggi 50 meter ini dibagi menjadi tiga tingkat, namun pengunjung tidak diperbolehkan naik menuju tingkat dua dan tiga demi alasan keselamatan karena adanya pembangkit listrik bertegangan tinggi. Meski begitu, Air Terjun Suhom tetap menyajikan pemandangan yang luar biasa. Wisatawan yang datang juga bisa berenang di telaga sedalam dua meter dibawah air terjun.

6. Gunung Burni Telong

aceh © 2017 brilio.net-foto: Instagram/@muksalmina47

Jika Anda menyukai ketinggian tak ada salahnya menjadikan Gunung Burni Telong sebagai destinasi yang bisa dikunjungi saat berada di Aceh. Gunung Burni Telong terletak di Kabupaten Bener Meriah dan telah mejadi ciri khas dari daerah tersebut.

Gunung Burni Telong merupakan gunung berapi aktif dan pernah meletus pada 7 Desember 1924. Akibat letusan itu, terjadi kerusakan hebat pada lingkungan sekitarnya termasuk lahan pertanian dan perkampungan. Burni Telong yang dalam bahasa Indonesia diartikan dengan gunung yang terbakar, berada di ketinggian 2.600 meter di atas permukaan laut. Gunung ini hanya berjarak lima kilometer dari Redeolong, ibu kota Kabupaten Bener Meriah dan Bandar Udara Rembele.

7. Taman Nasional Gunung Leuser

aceh © 2017 brilio.net-foto :Instagram/@sobatbinus

Jika kamu punya jiwa petualang wajib menjadikan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) sebagai tempat untuk mengenal flora dan fauna yang masih terbilang jarang ditemui di hutan belantara lainnya. Hampir semua kawasan TNGL ditutupi oleh lebatnya hutan Dipterocarpaceae dengan beberapa sungai dan air terjun.

Jenis flora langka dan khas yaitu daun payung raksasa (Johannesteijsmannia altrifons) dan bunga Raflesia (raflesia atjehensis dan R.micropylora) serta Rhizanthes Zippelnii yang merupakan bunga terbesar dengan diameter 1,5 meter. Lalu fauna seperti orang utan, harimau, gajah, hingga badak Sumatera bisa ditemui di TNGL.

Kawasan hutan ini juga terkenal dengan Gunung Leuser. Butuh waktu hingga 14 hari lamanya untuk mencapai puncak Leuser. Nah, sebelum mendaki gunung Leuser , ada baiknya untuk memperhatikan pantangan saat naik gunung terlebih dahulu.