Brilio.net - Merayakan pergantian tahun di tempat hiburan atau daerah sekitar pegunungan, sudah biasa banget. Tapi gimana ya kalau menantikan detik-detik pergantian tahun justru dilakukan di atas kapal laut? Seru banget pastinya.

Tahun baru di kapal laut © 2017 brilio.net

Cara inilah yang dilakukan PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) dengan memberikan nuansa berbeda menanti pergantian tahun di atas KM Umsini. Direktur Pelni, Elfien Guntoro mengatakan, kegiatan ini diadakan untuk menyosialisasikan kapal Pelni, bahwa selain mengangkut penumpang kapal ini juga bisa digunakan untuk event on board.

"Kita ingin merubah mindset masyarakat bahwa kapal Pelni bukan hanya sebagai moda transportasi untuk mencapai tujuan, tapi juga sebagai lifestyle bisnis. Seperti sekarang ini diadakan malam pergantian tahun di atas kapal," ujarnya saat konferensi pers di KM Umsini, (31/12).

Sedikitnya ada 526 penumpang mengikuti kegiatan malam pergantian tahun ini. Antusias masyarakat cukup tinggi lho. "Bahkan banyak yang protes karena ingin masuk list ikut tahun baruan di kapal tapi sudah tidak bisa," ujarnya.

Loading...

Tahun baru di kapal laut © 2017 brilio.net

Perayaan malam tahun baru di atas kapal yang melintas di perairan Kepulauan Seribu memang baru pertama kali diadakan. Nah selama kegiatan berlangsung, untuk menunggu malam pergantian tahun 2017, berbagai fasilitas disediakan PT Pelni, seperti face painting, foto booth, ada juga hiburan dari disk jockey yang beraksi di top deck.

Kemeriahan mulai terasa sejak pukul 23.00 WIB. Para penumpang kapal mulai berdatangan ke top deck. Apalagi saat disk jockey beraksi melantunkan musik digital. Nggak sedikit pengunjung yang bergoyang. Sampai-sampai Kapten KM Umsini turut terbawa suasana dalam hentakkan musik tersebut.

Pergantian tahun sudah memasuki hitungan detik, para penumpang bersiap menyiapkan ponsel mereka mengabadikan momen. Tepat pukul 00.00 suara sirine kapal berbunyi, menandakan sudah memasuki tahun 2017. Sorak kemeriahan pengunjung begitu terasa di top deck.

Tahun baru di kapal laut © 2017 brilio.net

"Happy new years!!..." teriakan ucapan tahun baru terdengar dari suara para penumpang. Terlihat juga tembakan suar dari KM Umsini sebagai pengganti kembang api.

"Ya kita tidak dapat izin menyalakan kembang api dari pihak bandara, karena lokasi yang jadi tempat pergantian tahun kali ini merupakan jalur lintas pesawat," ujar Manager Komunikasi & Hubungan Kelembagaan PT Pelni, Akhmad Sujadi.

Tahun baru di kapal laut © 2017 brilio.net

Enam kali tembakan suar diluncurkan di udara. Penumpang begitu antusias merayakan kemeriahan tahun baru. Pukul 00.10 WIB, kapal pun kembali berlayar ke Tanjung Priok.