Brilio.net - Musim panas akan segera menghampiri Australia Barat. Beragam agenda menarik akan menghiasi hari libur akhir tahun dengan berbagai rangkaian festival. Ibu kota Australia Barat yang telah bertransformasi, Perth, serta wilayah South West merupakan destinasi ideal untuk berjemur di musim panas.

Hari-hari yang cerah, semilir angin laut segar, udara bersih, dan malam-malam sejuk di bawah langit selatan yang penuh bintang bisa jadi suguhan ciamik. Australia Barat merupakan destinasi yang ideal untuk liburan akhir tahun bagi wisatawan Indonesia karena kelezatan kuliner yang unik serta pesona pemandangan alam dan kehidupan alam bebas.

Dengan menempuh waktu 4,5 jam penerbangan dari Jakarta, wisatawan Indonesia bisa menginjakkan kaki di Australia Barat. Kamu dapat memilih, menikmati, dan menelusuri Australia Barat dengan perjalanan darat. Wisatawan bisa menyetir sendiri atau bersama tur.

Berikut hal-hal yang dapat kamu temukan ketika berkunjung ke Perth dan wilayah sekitarnya dirangkum brilio.net, Rabu (1/10).

1. Kilauan matahari terbenam di Rottnest Island.

Loading...

Australia Barat © 2019 brilio.net

Awali petualangan Australia Barat dengan berkunjung ke Rottnest Island. Nikmati liburan musim panas dengan pemandangan pantai yang jernih dan semilir angin laut. Hanya dengan 30 menit perjalanan singkat menggunakan kapal feri dari Perth, Rottnest Island menawarkan rangkaian aktivitas menyenangkan.

Terdapat 63 pantai yang cantik, 20 teluk nan indah dengan terumbu karang dan bangkai kapal yang mengundang pengunjung untuk menikmati tempat-tempat terbaik di Australia untuk menyelam, snorkeling, surf break, dan bertemu satwa liar.

Menyandang predikat sebagai pulau yang bebas dari mobil, wisatawan dapat bersepeda mengelilingi Rottnest Island. Salah satu pantai yang terkenal adalah Pinky Beach. Resort yang belum lama ini menyambut kehadiran resort glamping baru, Discovery Rottnest Island. Ada 83 tenda ramah lingkungan yang cocok untuk pasangan, keluarga, dan solo traveler. Kamu dapat menemukan marsupial mini yang paling lucu, Quokka yang viral karena #quokkaselfie-nya.

2. Petualangan kuliner gurih yang segar di kota pelabuhan Fremantle.

Australia Barat © 2019 brilio.net

Hanya 30 menit berkendara dari Perth Central Business District, Fremantle akan menjawab keinginan kamu soal wisata kuliner. Fremantle Markets merupakan surga makanan dengan beragam jenis makanan unik dan lezat, mulai dari buah dan sayuran segar hingga kopi dan kue.

Sambil jalan mengelilingi perpaduan unik dari toko, kafe dan galeri di kota pelabuhan ini, pastikan untuk berhenti di Duck Duck Bruce, Madalenas, Moore & Moore Café, atau Attic Fremantle yang menawarkan kenikmatan makanan untuk snack atau kopi. Sembari menikmati hindangan, kamu akan terhibur dengan penampilam hiburan jalanan setempat.

Salah satu tempat terbaik bagi pengunjung untuk menikmati momen matahari terbenam adalah Fremantle’s Fishing Boat Harbour. Berjalan-jalanlah keliling pelabuhan dan kamu dapat menemui berbagai nelayan lokal mengangkut hasil tangkapan segar.

Jangan lupa untuk singgah di Cicerello's Seafood Restaurant atau Kailis Fish Market Café yang merupakan beberapa restoran terbaik di area pelabuhan untuk memuaskan keinginan kamu untuk menikmati fish and chips yang segar.

3. Petualangan air yang menyenangkan di Mandurah & Bunbury.

Australia Barat © 2019 brilio.net

Perjalanan darat dari Perth menuju Margaret River hanya berdurasi tiga jam. Walau singkat, pengunjung disarankan untuk bermalam di Mandurah atau Bunbury untuk melakukan petualangan air.

Saat cuaca memanas pada bulan November, musim kepiting dimulai! Berlayar dari Mandurah Quay dan mampir di Peel Inlet untuk berburu kepiting local blue swimmer atau 'blue manna’. Walau berwarna biru, kepiting ini akan berubah warna menjadi merah setelah dimasak seperti kepiting pada umumnya.

Nikmati keajaiban Natal khas Australia di Mandurah Christmas Lights Cruise yang akan beroperasi dari 1 Desember 2019 hingga 5 Januari 2020. Acara berlayar tahunan spektakuler ini akan mengantar kamu untuk melihat rumah-rumah kanal mewah Mandurah yang dihiasi dengan jutaan lampu dan dekorasi natal lainnya.

Perhentian berikutnya yang tidak boleh dilewatkan adalah taman bermain air Bunbury. Ombak Koombana Bay yang tenang terkenal untuk aktivitas stand-up paddle boarding, kano, dan berperahu layar. Dari semua kegiatan air yang tersedia di Bunbury, lumba-lumba liar nan ramah di Koombana Bay merupakan atraksi utama di mana pengunjung dapat berenang bersama lumba-lumba.

Jika pengunjung tidak ingin basah, pelayaran selama 90 menit oleh Dolphin Discovery Center tersedia untuk membawa pengunjung sedekat mungkin dengan lumba-lumba.

Selagi berkunjung ke Bunbury, pengunjung wajib mampir ke Dolphin Discovery Interpretive Centre yang baru selesai diperbarui. Area yang mutakhir ini dilengkapi Digital Dolphinarium 360 derajat. Menampilkan akuarium ikan dan karang yang lebih lengkap dari sebelumnya, serta replika alam dan sejarah Koombana Bay yang mencakup informasi geologis, masyarakat adat, kelautan, dan kontemporer.

4. Pengalaman yang terletak di wilayah Margaret River.

Australia Barat © 2019 brilio.net

Liburan tidak akan lengkap sebelum membeli suvenir untuk keluarga dan teman. Margaret River merupakan destinasi yang tepat untuk membeli suvenir.

Pengunjung dapat memilih lebih dari 27 jenis nougat di Bettenay's Margaret River Nougat Company, serta beragam varian cokelat di Margaret River Chocolate Factory. Sedangkan, untuk pilihan yang lebih premium, pengunjung dapat memilih makanan dan aneka anggur di Margaret River Providore.

Tidak hanya menawarkan makanan dan minuman, kamu juga bisa menemukan berbagai destinasi alam di Margaret River. Kamu bisa memulai dari hutan dengan pepohonan yang tinggi, keindahan bentang garis pantai yang menakjubkan, jalur sepeda gunung, hingga lebih dari 150 gua yang membentang dari Yallingup di utara hingga Augusta di selatan.

5. Keindahan alam di bagian South West.

Australia Barat © 2019 brilio.net

Liburan road trip di bagian South West akan dipenuhi dengan petualangan tak terlupakan, apabila pengunjung menyusuri destinasi-destinasi yang belum ramai oleh turis.

Valley of the Giants Tree Top Walk dapat dijelajahi dengan lima jam berkendara ke arah Selatan dari Perth, atau tiga jam dari Margaret River.

Destinasi cantik lainnya adalah Taman Nasional Torndirrup di area Great Southern – The Gap dan di Natural Bridge.

Kicauan burung dan semilir angin akan menyambut kedatangan kamu, melengkapi liburan akhir tahun dan gemericik air laut akan menghampiri seraya berjalan ke Gap dan berdiri 37 meter di atas ombak yang menerpa lautan.

6. Perth dan perayaan akhir tahunnya yang meriah.

Australia Barat © 2019 brilio.net

Kehidupan di Perth menjadi lebih semarak selama musim panas dan salah satu tempat terbaik untuk memulai perjalanan Anda adalah Kings Park – salah satu taman kota terbesar di dunia yang kental dengan kebudayaan dan dihiasi oleh desain inovatif. Pengunjung dapat menikmati pemandangan Swan Rivers dan Canning Rivers, serta pemandangan langit kota.

Kelilingilah kota Perth dan kunjungi Bell Tower yang terletak di Barrack Square, Perth Mint, dan St. Mary's Cathedra. Mengunjungi lokasi tersebut bisa memperkaya wawasan sejarah Australia Barat.

Pada malam hari, luangkan waktu Anda untuk tur malam hari di Perth Observatory yang memiliki berbagai koleksi teleskop untuk menikmati jutaan bintang yang terbentang di langit.

Perth akan bersinar terang selama Musim Natal dengan 18 instalasi lampu dan dekorasi yang menerangi malam. Pengunjung dapat menikmati lampu animasi, dekorasi jalanan yang meriah, proyeksi visual, dan perayaan meriah yang menyemarakkan mal, jalanan, taman, sampai sudut-sudut kota.

Setiap sudut kota akan diterangi cayaha-cahaya dari festival Santa's Magical Castle, Giant Bauble, Lifeline Christmas Tree, Christmas Constellation, Light Up Christmas, Hoppy Christmas, dan lainnya.

Tidak hanya itu, ada banyak atraksi menarik di Perth yang harus masuk dalam rencana liburan akhir tahun, termasuk menikmati kemeriahan RAC Christmas Pageant, Quay to the Forbidden Forest (28 November–15 Desember), Christmas Lights Trail Perth (16 November–24 Desember), Origin Fields Festival (31 Desember 2019–1 Januari 2020), dan selebrasi Malam Tahun Baru yang sangat dinanti-nantikan.