Brilio.net - Seorang pilot di China, Ji Feng Feng kaget setelah melihat 5 foto keren yang dikirim temannya tentang pesawat yang mendarat di suatu bandara yang tak disebutkan namanya. Sang pilot yang tahu bahwa pengambilan gambar itu melalui drone pribadi kemudian mengecam kelakuan para fotografer yang bertindak ngawur di dekat jalur pesawat tersebut.

"Ketika saya ditanya apakah itu aman, saya jawab jelas tidak! Itu adalah ancaman serius karena drone bisa dengan mudah tersedot ke dalam mesin pesawat atau menabrak jendela kokpit," terang Ji, seperti dilansir brilio.net dari CCTVNews, Senin (10/10).

Kasus drone menabrak badan pesawat pernah terjadi pada April 2016 lalu. Saat itu pesawat penumpang harus mendarat darurat di Bandara Heathrow, London, Inggris setelah ditabrak drone meskipun tidak membuat kerusakan maupun mencederai penumpangnya. Di China sendiri, para fotografer sedang gemar menggunakan drone untuk memotret secara close up proses mendaratnya pesawat penumpang. Nah, ini 5 foto yang dikecam oleh pilot tersebut:

1. Posisi drone hampir sejajar dengan pesawat saat proses landing.

Drone Bahaya © 2016 brilio.net

Loading...

2. Ini saat pesawat sudah melewati posisi drone.

Drone Bahaya © 2016 brilio.net

3. Untuk ukuran pesawat itu sudah terlalu dekat.

Drone Bahaya © 2016 brilio.net

4. Itu sungguh tindakan berbahaya.

Drone Bahaya © 2016 brilio.net

5. Sementara ini sejajar dengan garis runway bandara. Bahaya banget!

Drone Bahaya © 2016 brilio.net