Brilio.net - Terkadang, ide paling sederhana bisa membuat pencetusnya memiliki perusahaan dengan pendapatan jutaan dolar. Apalagi kalau dari ide tersebut tercipta suatu alat atau produk yang sangat berguna dan dibutuhkan oleh orang banyak. Pasti deh, produk itu akan laku keras dan tentunya akan menguntungkan bagi perusahaan.

Namun bagaimana jika produk yang dibuat itu sepele dan tak semua orang membutuhkannya? Akankah membuat penemunya merugi atau justru kaya raya?

Ternyata ada lho, ide sederhana yang bikin penemunya kaya raya. Seperti yang telah brilio.net kutip dari Storypick, Rabu (29/6) berikut ini. Kamu tahu kok produknya, sederhana lagi!


1. Sticky Notes.

inovasi sederhana © 2016 brilio.net foto: bouwbazen.nl

Hanya selembar kertas dengan sedikit lem mampu membuat penemunya, Dr Spenser Silver memiliki pendapatan mencapai lebih dari Rp 13 triliun pada tahun 2012. Sederhana tapi Silver sendiri tak pernah menyangka bagaimana produk yang juga dikenal sebagai Post-it ini jadi begitu populer dan jadi bisnis besar.


2. Slinky.

inovasi sederhana © 2016 brilio.net foto: flickr.com/photos/doy-lee

Mainan yang cukup populer di Indonesia ini berasal dari Amerika Serikat. Namun siapa sangka penemuan ini berawal dari ketidaksengajaan Richard James saat menjatuhkan pegas yang awalnya digunakan untuk menjaga barang-barang di kapal ketika mengarungi laut.

Gerakan saat pegas tersebut jatuh lalu berdiri tegaklah yang menarik perhatian Richard. Ia lalu pulang dan mengatakan pada istrinya untuk membuat produk serupa. Tak disangka Richard berhasil mendapatkan penjual yang berani menjual Slinky ciptaannya dan ternyata respons anak-anak terhadap mainan Slinky sangat positif.

Sebanyak 400 buah Slinky yang Richard produksi, hanya perlu 90 menit bagi Slinky untuk ludes di tangan pembeli. Berapakah pendapatan mereka? Sekitar Rp 13 triliun.


3. Crocs.

inovasi sederhana © 2016 brilio.net foto: racked.com

Salah satu fashion item ini memang cukup populer di Indonesia beberapa tahun lalu. Mulanya alas kaki ini diciptakan khusus digunakan saat perawatan spa.

Pembuatnya Lyndon Hansen, Scott Seamans, George Boedecker, Jr tak pernah berpikir bahwa crocs menjadi sangat dibutuhkan untuk dipakai beraktivitas dan membuat mereka memiliki pendapatan jutaan rupiah. Bahkan pada tahun 2012, angka pendapatan mencapai lebih dari Rp 13 triliun.


4. Smiley.

inovasi sederhana © 2016 brilio.net foto: flickr.com/photos/baconizedhameister

Wajah smiley yang biasa kamu gunakan saat mengirim pesan pada teman atau kekasih ini memiliki cerita yang cukup ironi mengenai penemunya. Simbol untuk menggambarkan ekspresi wajah manusia ini sebenarnya diciptakan oleh Mr Ball. Namun ia hanya memperoleh keuntungan sebesar USD 45 dollar atau sekitar Rp 591.750,-.

Nah, dua bersaudara Bernard dan Murray dari Spanyol menyadari potensi lalu membeli hak cipta akan simbol ini. Keduanya lalu menggunakan wajah simbol smiley dengan tag line mereka, 'Have a nice day!' Dan kini pendapatan mereka mencapai USD 0,5 miliar atau sekitar Rp 6,5 triliun.


5. Band Aid.

inovasi sederhana © 2016 brilio.net foto: wikipedia.org

Capek berkali-kali menempelkan perban pada jari istrinya yang sering terluka saat mengiris makanan di dapur, Earle Dickson menemukan cara jitu. Ia menggunting kain kasa kecil lalu menempelkannya di selotip. Dengan cara ini, kain kasa jadi mudah ditempelkan pada luka kecil.

Tak disangka ide yang muncul pada sekitar tahun 1920-an itu cukup brilian sampai-sampai Thomas Anderson, bosnya di perusahaan tempatnya bekerja, Johnson & Johnson memproduksinya secara massal. Earle Dickson sendiri diangkat menjadi wakil presiden Johnson & Johnson dan perusahaan memperoleh pendapatan Rp 394 miliar.


6. Hula Hoop.

inovasi sederhana © 2016 brilio.net foto: flickr.com/Russ Morris

Mainan yang satu ini pasti kamu tahu dong? Penemunya adalah Richard Knerr dan Arthur Melin. Mereka memiliki ide untuk menciptakan hula hoop saat keduanya melihat anak-anak bermain dengan hula hoop dari bambu. Keduanya lalu membuatnya sendiri dan memasarkannya dengan baik.

Selama dua tahun, penjualan sudah mencapai lebih dari 100 juta unit. Mereka lalu menjual perusahaan hula hoop pada Kransco Group sebesar Rp 157 miliar.


7. Kacamata untuk anjing.

inovasi sederhana © 2016 brilio.net foto: flickr.com/Peter Roome

Roni Di Lullo sangat mencintai anjing dan peduli pada mata mereka. Itulah yang menginspirasi wanita ini dengan ide kacamata untuk anjing. Ide ini mungkin tampak konyol tapi dari inilah ia kini memiliki sebuah perusahaan berpendapatan Rp 39 miliar.