Brilio.net - Istilah vektor memiliki arti luas sebagai pembawa atau pengangkut. Vektor juga sering digunakan di dalam berbagai cabang ilmu mulai dari ilmu matematika, fisika, desain grafis, hingga kesehatan. Dalam konteks kesehatan, vektor diartikan sebagai hewan avertebrata yang berperan sebagai penular penyakit. Dalam ilmu fisika, vektor digambarkan sebagai besaran yang memiliki nilai dan arah berbeda dengan besaran skalar yang hanya memiliki nilai.

Dalam ilmu matematika, vektor adalah besaran yang memiliki nilai dan arah yang digambarkan dengan himpunan ruas garis berarah. Besaran vektor biasanya dilambangkan dengan huruf kapital dan dicetak tebal atau bisa juga huruf biasa namun dengan anak panah di atasnya. Besaran vektor ditandai dengan huruf yang tegak dan dicetak tebal. Nah untuk memahami lebih rinci mengenai vektor, berikut brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Rabu (24/8).

Pengertian vektor

pengertian, ciri, dan jenis vektor © berbagai sumber

foto: Unsplash/Jeswin Thomas

Vektor adalah ruas garis berarah yang memiliki besaran atau nilai dan arah tertentu. Secara geometris, suatu vektor dapat digambarkan sebagai ruas garis berarah dengan panjang ruas garis menyatakan besaran vektor dan arah ruas garis menyatakan arah vektor.

Vektor dalam matematika diartikan sebagai objek geometri yang memiliki besaran dan arah. Vektor digambarkan dengan tanda panah, di mana pangkal anak panah menunjukkan sebuah titik tangkap dari sebuah vektor dan panjang anak panah menunjukkan besaran nilai vektor. Contoh besaran vektor adalah jarak, kecepatan, percepatan, momentum, impuls, dan sebagainya. Vektor dapat dinotasikan dengan huruf kecil bertanda panah di atasnya atau huruf kecil bercetak tebal.