Brilio.net - Istilah efektif dan efisien seringkali dikaitkan dalam sebuah percakapan dan juga dipasangkan untuk menyebutkan sesuatu. Selain itu, kedua kata ini juga bisa dijadikan sebagai tolak ukur atau penilaian suatu pekerjaan atau usaha. Meski demikian, ternyata masih banyak orang yang keliru atau bahkan tidak tahu arti dari kata efektif dan kata efisien.

Biasanya kata efektif dan efisien juga digunakan secara bersamaan karena berkaitan dengan hasil suatu pekerjaan yang baik. Kedua kata tersebut menjadi satu standar tujuan yang dicapai. Karena sebuah pekerjaan harus dilakukan secara efektif dan efisien supaya hasil yang didapatkan lebih maksimal.

Pada dasarnya kata efektif dan efisien memiliki pengertian yang berbeda. Efektif merupakan efek yang ditimbulkan, sementara efisien merujuk pada ketentuan dalam pengerjaan. Oleh sebab itu, kamu perlu benar-benar memahami makna keduanya supaya tidak salah dalam memaknainya.

Berikut telah dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (23/8). Inilah arti efektif dan perbedaannya dengan efisien.

Arti efektif.

Arti efektif adalah © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), efektif adalah membawa hasil; berhasil guna (tentang usaha, tindakan). Di sisi lain, efektif adalah efek yang ditimbulkan, akibatnya, pengaruh, dan kesannya.

Efektif mengandung pengertian dicapainya keberhasilan dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Efektif juga selalu dikaitkan dengan hubungan antara hasil yang diharapkan dengan hasil yang sesungguhnya dicapai.

Berikut ini dikemukakan beberapa pengertian efektif menurut para ahli.

1. Hidayat (1986).

Efektif adalah pemanfaatan sumber daya, sarana dan prasarana dalam jumlah tertentu yang secara sadar ditetapkan sebelumnya untuk menghasilkan sejumlah pekerjaan tepat pada waktunya.

2. Schemerhon John R. Jr.

Efektif adalah pencapaian target output yang diukur dengan cara membandingkan output anggaran atau seharusnya (OA) dengan output realisasi atau sesungguhnya (OS), jika (OA) > (OS) disebut efektif.

3. Prasetyo Budi Saksono (1984).

Efektif adalah seberapa besar tingkat kelekatan output yang dicapai dengan output yang diharapkan dari sejumlah input.

4. Sondang P. Siagian (2001).

Efektif adalah suatu pemanfaatan. Pemanfaatan sebuah sumber daya, sarana dan prasarana yang dilakukan dalam jumlah tertentu. Jumlah tersebut ditetapkan dengan keadaan sadar sebelumnya. Jumlah tersebut juga digunakan untuk menghasilkan beberapa jumlah barang atau jaga kegiatan yang sedang dijalankan.