Brilio.net - Realistis adalah sebuah pola pikir atau pemahaman yang diterapkan untuk memahami kenyataan. Seseorang yang memiliki pola pikir realistis juga cenderung dapat memahami perasaan orang lain dan merupakan sosok yang dapat diandalkan. Selain itu, seseorang yang memiliki pola pikir realistis juga lebih siap dalam menghadapi berbagai tantangan hidup dan mudah beradaptasi dengan perubahan.

Pola pikir realistis memiliki banyak manfaat dan keuntungan yang dapat diterapkan ke dalam kehidupan sehari-hari. Seseorang yang memiliki pola pikir realistis juga cenderung menjadi sosok yang dapat diandalkan dan berani menghadapi tantangan hidup.

Untuk mempelajari dan memahami lebih jauh mengenai istilah realistis, berikut brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Rabu (17/8).

Pengertian realistis

arti realistis dan ciri-cirinya © berbagai sumber

foto: Unsplash/Usman Yousaf

Realistis dapat didefinisikan sebagai suatu pemahaman baik terhadap situasi maupun memahami apa yang mampu dan tidak mampu untuk dilakukan. Oleh karena itu, orang-orang yang meyakini konsep realistis cenderung dapat diandalkan.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), realistis adalah sesuatu hal yang memiliki sifat nyata. Realistis juga dapat didefinisikan sebagai suatu pandangan yang dimiliki oleh seseorang yang merujuk kepada fakta di kehidupan nyata. Seseorang yang memiliki cara pandang realistis biasanya tidak akan memaksakan kehendak dan berusaha memahami situasi yang tengah dihadapi.

Realistis juga dapat dipahami sebagai cara berpikir yang penuh pertimbangan dan perhitungan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh seseorang sehingga ide yang diajukan bukan hanya sekadar imajinasi melainkan sebuah kenyataan.

(brl/lea)