Brilio.net - Punya sahabat yang suka negatif thinking bahkan cenderung ke pesimis? Apa justru kamu yang lagi mengalami langsung? Duh, sikap pesimis harus kamu buang jauh-jauh deh mulai sekarang.

Dilansir brilio.net dari yourtango, Rabu (14/9), sebuah penelitian terbaru di Belanda menemukan orang yang kerap berpikiran negatif bahkan pesimis memiliki kemungkinan lebih besar terkena penyakit kardiovaskuler, seperti jantung.

Ngeri ya? Nah, supaya tidak berlarut-larut menjadi pribadi yang pesimis kamu cuma butuh merubah beberapa hal. Nah, berikut ini 6 cara simpel ubah rasa pesimis menjadi optimis yang wajib kamu coba:

1. Jangan mencoba untuk bahagia

6 cara optimis © 2016 brilio.net

Loading...

foto: johnpavlovitz

Segerstrom, salah satu peneliti optimisme dari University of Kentucky dalam penelitian terbarunya menyatakan untuk benar-benar bahagia, maka orang harus berhenti berusaha bahagia. Penelitian Segerstrom ini juga menemukan jika ingin benar-benar bahagia kamu harus berhenti memikirkan hal-hal negatif lalu lakukan kegiatan yang disenangi.

2. Pikirkan hari ini adalah akhir dari kehidupan

6 cara optimis © 2016 brilio.net

foto: huffingpost

Kalau nggak sekarang kapan lagi? Kalau besok sudah nggak ada lagi kesempatan lalu bagaimana? Buatlah sugesti-sugesti positif seperti di atas. Hal ini akan memicu kamu menjadi lebih bersemangat.

3. Jangan salahkan diri sendiri

6 cara optimis © 2016 brilio.net

foto: giphy

Peneliti sekaligus Psikilog dari Universitas Pennsylvania, Matin E.P Seligman mengatakan si pesimis dan optimis memiliki perbedaan yang mendasar saat menjelaskan kasus kekalahan. Sebagai contoh, si pesimis akan mengatakan, 'aku payah dalam tenis' sedangkan si optimis mengatakan, 'wah itu lawanku pasti pakai jampi-jampi'.

Nah, makanya ketika kamu merasa sangat bersalah dan menyalahkan diri sendiri atas apa yang menimpamu cobalah untuk menyalahkan orang lain. Namun bukan maksudnya mencari kambing hitam lho, hanya untuk mensugesti pikiranmu saja. Kamu mengerti nggak?

4. Bertemanlah dengan orang yang optimis

6 cara optimis © 2016 brilio.net

foto: giphy

Hasil penelitian dilakukan oleh tim peneliti Universitas Oregon adalah jika berteman dengan orang yang optimistis, maka kamu akan lebih merasa puas dalam berhubungan dan menyelesaikan konflik. Penelitian ini dilakukan terhadap 100 pasangan teman belajar usia sekolah-mahasiswa.

5. Menuliskan hal-hal baik setiap hari

6 cara optimis © 2016 brilio.net

foto: giphy

Cukup melakukan terapi pada diri sendiri, seperti rutin menuliskan hal baik yang sudah kamu lakukan setiap harinya. Penelitian ini menunjukkan kamu cuma perlu waktu 1 minggu sampai 6 bulan untuk berubah menjadi pribadi lebih optimis.

6. Berterimakasih

6 cara optimis © 2016 brilio.net

foto: giphy

Jangan pernah memendam perasaan syukur atau terima kasih. Pribadi yang pesimis memang ditandai dengan sulitnya mengekspresikan diri. Jadi mulai sekarang mulailah dengan mengekspresikan rasa terima kasihmu pada siapapun.