Brilio.net - Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), anekdot adalah cerita singkat yang menarik karena lucu dan mengesankan, biasanya teks anekdot menceritakan mengenai orang penting atau terkenal dan cerita yang disajikan berdasarkan kejadian yang sebenarnya. Teks anekdot menceritakan kejadian nyata yang dialami oleh penulis atau orang yang diceritakan di dalam anekdot tersebut. 

Teks anekdot juga dapat dimaknai sebagai sebuah karangan yang dibuat berdasarkan pengalaman hidup seseorang yang ditulis secara singkat dan mengandung humor baik dalam konteks politik, hukum, kritikan, dan sebagainya. 

Nah, untuk memahami lebih lanjut mengenai teks anekdot, brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Rabu (10/8).

Pengertian teks anekdot

teks anekdot dan strukturnya © berbagai sumber

foto: Sandy Ravaloniaina/Unsplash

Anekdot merupakan salah satu teknik yang digunakan untuk menyampaikan realitas sosial melalui humor. Kata anekdot berasal dari bahasa Yunani "anekdoton" yang berarti tidak diterbitkan. Anekdot juga menjadi cara seseorang untuk menunjukkan kepeduliannya pada persoalan tertentu. Anekdot dapat menjadi pengingat akan kebenaran yang harus dilakukan, sehingga dapat digunakan untuk menyadarkan kekeliruan yang dilakukan oleh orang lain tanpa harus merasa tersinggung. Pendapat lain menyebutkan bahwa teks anekdot adalah cerita singkat yang berisi peristiwa yang membuat jengkel dan konyol bagi partisipan yang mengalaminya.

Beberapa ahli juga turut memberikan definisinya mengenai teks anekdot yaitu sebagai berikut:

1. Menurut Wachidah, teks anekdot memiliki kemiripan dengan teks recount jika dilihat dari tujuannya untuk memaparkan suatu kejadian atau peristiwa.

2. Dananjaja berpendapat bahwa anekdot adalah kisah fiktif lucu pribadi seorang tokoh atau beberapa tokoh yang benar-benar ada.

3. Muthiah menyatakan bahwa anekdot adalah sebuah teks yang berisi pengalaman seseorang yang tidak biasa. Pengalaman tersebut disampaikan kepada orang lain dengan tujuan untuk menghibur si pembaca.

4. Menurut Graham, anekdot digunakan untuk memaknai kata "joke" dari bahasa Inggris yang bermakna untuk memaknai atau percakapan yang lucu.

Berdasarkan beberapa definisi di atas dapat disimpulkan bahwa teks anekdot merupakan salah satu teknik bercerita dengan humor. Selain itu, anekdot juga dpaat digunakan sebagai pengingat atas kekeliruan yang dilakukan oleh seseorang tanpa membuatnya tersinggung karena mengandung humor.

(brl/pep)