Brilio.net - Sistem informasi adalah aplikasi komputer untuk mendukung operasi dari suatu organisasi. Sistem informasi adalah satu kesatuan data olahan yang terintegrasi dan saling melengkapi dan menghasilkan output baik dalam bentuk gambar, suara, maupun tulisan.

Sistem informasi juga dapat dimaknai sebagai sekumpulan komponen pembentuk sistem yang memiliki keterkaitan antara satu komponen dengan komponen lainnya yang bertujuan menghasilkan suatu informasi dalam suatu bidang tertentu. Kriteria dari sistem informasi antara lain, fleksibel, efektif, dan efisien. Sistem informasi juga merupakan sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, membantu dan mendukung kegiatan operasi, serta membantu mempermudah penyediaan laporan yang diperlukan.

Pendapat lain menyebutkan bahwa sistem informasi adalah sekumpulan subsistem yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama, dan membentuk satu kesatuan, saling berintegrasi dan bekerja sama antara bagian satu dengan yang lainnya dengan cara-cara tertentu untuk melakukan fungsi pengolahan data, menerima masukan berupa data, kemudian mengolahnya dan menghasilkan keluaran berupa informasi sebagai dasar pengambilan keputusan yang berguna dan mempunyai nilai nyata yang dapat dirasakan.

Nah untuk memahami lebih rinci mengenai sistem informasi, berikut brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Kamis (21/9).

Pengertian sistem informasi.

 sistem informasi © berbagai sumber

foto: Unsplash/Markus Spiske

Sistem informasi terdiri dari dua kata, yaitu sistem dan informasi. Sistem adalah suatu jaringan kerja untuk melakukan suatu kegiatan untuk menyelesaikan sasaran tertentu. Sedangkan informasi adalah suatu data yang diolah menjadi sebuah bentuk yang penting bagi penerima dan memiliki nilai yang nyata. Berdasarkan pengertian tersebut dapat dipahami bahwa sistem informasi adalah suatu sistem yang dibuat oleh manusia yang terdiri dari komponen-komponen dalam organisasi untuk mencapai suatu tujuan yaitu menyajikan informasi. Sistem informasi juga dapat diartikan sebagai seperangkat komponen yang saling berhubungan yang berfungsi untuk mengumpulkan, memproses, menyimpan, dan mendistribusikan informasi untuk mendukung pembuat keputusan dan pengawasan dalam organisasi.

Terdapat beberapa pengertian mengenai sistem informasi yang dikemukakan oleh para ahli yaitu sebagai berikut:

1. Menurut Husein dan Wibowo, sistem informasi adalah seperangkat komponen yang saling berhubungan yang berfungsi untuk mengumpulkan, memproses, menyimpan, dan mendistribusikan informasi untuk mendukung pembuatan keputusan dan pengawasan dalam organisasi.

2. Menurut Laudon, sistem informasi secara teknis merupakan serangkaian komponen yang saling berhubungan untuk mengumpulkan, menyimpan, memproses, dan mendistribusikan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan dan pengawasan di sebuah organisasi.

3. O'Brien mendefinisikan sistem informasi sebagai kombinasi teratur dari orang-orang, hardware, software, jaringan komunikasi, dan sumber daya data.

4. Menurut Turban, Rainer, dan Potter, sistem informasi merupakan aktivitas mengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalisa, dan menyebarkan informasi untuk keperluan spesifik.

5. Leitch Rosses mengemukakan bahwa sistem informasi adalah suatu sistem di dalam organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengelolaan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial, dan kegiatan strategi dari suatu organisasi serta menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan yang diperlukan.

Berdasarkan pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa sistem informasi adalah sekumpulan hardware, software, brainware, prosedur dan atau aturan yang diorganisasikan secara integral untuk mengolah data menjadi informasi yang bermanfaat untuk memecahkan masalah dan pengambilan keputusan.

 

(brl/tin)