Brilio.net - Pelaku ekonomi adalah seorang individu, kelompok, atau lembaga yang terlibat dalam kegiatan perekonomian, baik konsumsi, distribusi, maupun produksi. Secara umum, pelaku ekonomi dibagi menjadi lima kelompok besar, yaitu rumah tangga keluarga, masyarakat, perusahaan, pemerintah, dan negara. 

Setiap pelaku ekonomi tersebut memiliki peran tersendiri dalam kegiatan konsumsi, distribusi, dan produksi. Pelaku ekonomi mempunyai fungsi yang sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat. Pelaku ekonomi adalah organ masyarakat yang mempunyai dua fungsi sekaligus. 

Pertama, sebagai pemasok semua kebutuhan masyarakat mulai dari kebutuhan primer, sekunder, dan tersier. Kedua, sebagai penyerap tenaga kerja masyarakat. Nah untuk memahami lebih jauh mengenai pelaku ekonomi, brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Rabu (21/9).

Pengertian pelaku ekonomi

pelaku ekonomi © berbagai sumber

foto: Unsplash/Ismael Paramo

Pelaku ekonomi adalah pihak yang terlibat dalam kegiatan ekonomi seperti produsen, distributor, dan konsumen. Setiap pelaku ekonomi memiliki perannya masing-masing. Menurut Cambridge Dictionary dalam Jurnal Inovasi Penelitian, pelaku ekonomi adalah seseorang, perusahaan, atau organisasi yang memiliki pengaruh terhadap motif ekonomi dengan memproduksi, membeli, atau menjual. 

Sedangkan, menurut Business Dictionary, pelaku ekonomi adalah seseorang, perusahaan, dan lain-lain yang berdampak pada ekonomi suatu negara, misalnya dengan membeli, menjual, atau berinteraksi. Pelaku ekonomi mempunyai fungsi yang sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat.

(brl/pep)